Kenwood TM-271A

Pesawat ini lebih kecil dari Icom IC-2200H punya saya. Bentuknya compact, Desainya kokoh dan bagus. Yang menjadi nilai postif adalah speaker ada di depan.

Review perangkat ini setelah saya coba untuk dihidupkan.

Kelebihanya:

  • Desain kompak, elegan, terkesan mewah. Apalagi jika ditaruh di mobil, akan terkesan rapi
  • Power 60 W saya kira sdh cukup untuk mengudara. Dengan power 60W saya bisa ngobrol dengan Kota Jogja bagian timur dan muntilan yang jaraknya sekitar 130-140 KM.
  • Speker ada di depan, jadi kalau mau dijadikan base station tdk perlu braket. Beda dengan Icom IC-2000/ IC -2100 / IC-2200H yang speker dibawah. Sangat menyebalkan, hrs pakai braket.
  • Modulasi yang diterima lebih bagus dari RIG merek lain yang pernah saya gunakan (Icom, Alinco, yaesu).
  • Pengaturan menu mudah dan simple. Tanpa melihat manual, saya langsung bisa mengoperasikan semua fiturnya.
  • Military spec, kokoh tahan guncangan.

Kekuranganya:

  • Pesawat cepat sekali panas, walau dengan LOW (25 W)
  • Hanya ada 2 mode power, LOW (25W) dan High (60W). Tentu hal ini sangat menyebalkan bagi saya. Untuk mengudara lokalan sebenarnya cukup 5 atau 10 watt cukup. Dengan HT 5 Watt saya bisa mengudara 20-30 KM. Dengan mode power ini kita lebih boros listrik PLN.
  • PTT terasa lebih keras. Sering saya tanpa sengaja PTT terlepas waktu berbicara.
  • LCD lebih kecil dari RIG model lain. Tetapi tetap mudah terbaca
  • Konektor MIC model RJ, sangat menyebalkan. Mudah lepas. Saya lebih menyukai model ulir spt RIG model lama atau punya Alinco DR135.
  • Menurut beberapa lawan bicara saya, modulasi agak tertinggal. Sinyal sangat kuat tetapi suara kurang keras. Mungkin ini Mic kurang pas saja. Saya tdk berani mebuka MIC nya. Semua masih segel.

Secara umum saya sangat menyukai KENWOOD TM-271 A ini. Puas saya memakainya.

Sekedar saran buat pemakai TM-271, gunakan selalu kipas untuk mengurangi panas pada bodi pesawat.

Rencana perangkat ini akan saya pakai sebagai salah satuhome base station di rumah saya.

73 tanggapan pada “Kenwood TM-271A”

  1. @Tiara: Belinya di jakarta boss.
    Saya cuman punya satu. Kalau untuk 9 unit saya tdk tahu berapa best pricenya. Coba kontak mirusa atau kbsa.co.id
    Tengkui boss telah mampir….

  2. Untuk Sharing aja pak berdasarkan pengalaman yang saya miliki, bener bener no offence ya. saya pengguna banyak rig untuk open repeater internal.

    Saya menggunakan beberapa Unit Rig TM-271A. Power memang bagus, tapi kelemahan dari semuanya adalah modulasi audionya yang tertinggal, dan rig ini lebih cepat rusak dibagian RXnya. berkali kali di bawa ke kenwood service center tetapi dia selalu kehabisan stock sparepart dikarenakan memang penyakitnya TM-271A kata tukang servicenya. selain itu tone sql nya tidak bisa rapat ke freq yang kita sudah set. sering masuk spleteran.

    kalau di bandingkan dengan Icom IC-2100 (saya menggunakan beberapa juga) saya lebih suka IC-2100. Disebabkan modulasi super, benar bener tahan banting, dan tone sql nya bener bener berfungsi dengan baik dan rapat.

    Mohon pencerahannya ttg IC-2200 yang bapak pakai? apakah bapak benar benar puas dengan perangkat ini? bagaimana dengan tone sqlnya? dan durabilitynya?

    terima kasih banyak sebelumnya.

  3. Betul pak modulasi TM-271 memang ketinggalan. Sdh saya upre2.
    Yang saya mhsud modulasi bagus adalaha modulasi yg diterima atau modulasi lawan bicara yg kita terima. Di TM271 terasa lebih embuk daripada di 2200. Agak ngebass lah.
    Kalau modulasi TX yg diterima lawan bicara sih emang ketinggalan.
    Selama saya pakai 271 blm pernah trouble.
    Yng saya tdk suka juga duplexnya tdk bisa bebas.

    kalau 2200 saya benar2 puas pak. Untuk tone squalch terus terang saya tdk bisa komentar terlalu banyak. Selama ini saya pakai buat direct saja.
    Saya suka ekperimen mencoba dengan yg jauh tanpa repeater. Ada kepuasan tersendiri bagi saya jika sampai jauh dengan perangakat seadanya.
    Spt sekarang saya pakai DR135. Dengan antena 5 meter dari tanah bisa sampai purwodadi semarang. dari gombong. Atau sampai pantura (tegal, pemalang, dll).
    2200 saya pernah pakai 2 unit. Kelemahan yg saya dapatkan di rangkaian LCD. Punya saya yg satu sering hang krn kepanasan. Rupanya dioda protector rusak.
    tapi secara umum saya paling puas pakai 2200. baik dari segi bentuk, power maupun kehandalanya.

    Sekali lagi ini pengalaman saya pribadi pak. Tentu tiap orang berbeda pengalamanya walau memakai perangkat yang sama.
    Juga tergantung fasiliats penunjang spt antena, PS, topografi daerah, grounding, dll.

    Demikian dan terimaksih

  4. Ya Mbah Paijo, yang saya maksud kekurangan TM-271 itu modulasi TX yg diterima lawan bicara agak ketinggalan. tetapi duplex alat ini bisa bebas kok pak, tidak terpatok 600khz kok.

    OK kalau gitu saya juga ingin mencoba icom 2200. Saya cukup bisa merasakan kesenangan bapak dengan kemampuan jarak transmit nya yang jauh jauh.

    Di jakarta tidak bisa jauh pak 20km saja sudah paling jauh dengan ketinggian antenna 14meter dari tanah menggunakan Diamond 23H, kabel Erricson RG-8 30 meter. Mungkin karena gedung gedung tinggi yang membuat signal saya lemah kali ya. antenna tinggi 14 meter, tapi gedung dekat dekat ratusan meter tingginya:) terpaksa main repeater deh ditaruh atas apartment sekalian.

    terima kasih banyak atas masukannya pak.

  5. Saya berencana punya Rig. Setelah baca review KENWOOD TM-271 A dan Icom IC-2100, maka tanggal 9-10-2009 saya main ke glodok Jakarta dan setelah tanya sana sini didapat harga Icom IC-2100 antara 2,3 Jt – 2,5 Jt. sedangkan KENWOOD TM-271 A antara 1,4 Jt -1,5 Jt. Karena budget pas-pasan maka saya ambil KENWOOD TM-271 A dengan harga 1.450.000. karena menurut mbah Paijo KENWOOD TM-271 A cukup bagus.
    saya juga beli swr meter maldol lokal. untuk power meter ngga masalah, cuma waktu dicoba swr, selalu menunjukan dibawah 1,2 walaupun antena atau baloon di lepas. Mungkin mbah Paijo ada pengalaman dengan swr meter maldol lokal ?

  6. SWR maldol lokal tdk akurat bro….
    yg dimahsud ballon apa ya, apa dumiload.
    Kalau TX tanpa dumyload / antena SWR 1,2… patut dicurigai tuh SWR. Curiga dengan sangat. Apalagi selalu menunjukan angka 1,2….

    IC-2100 harga segitu dimana bro? Mahal amat. Kemarin tanya di nirusa untuk IC-2200H aja harganya 1,9-2 juta. Kalau IC-2100 jelas dibawah itu.

    TM271 pada dasarnya sangat bagus. Compact, mudah mengoperikanya.
    Selamat bro telah memiliki radio baru.
    Coba diukur SWR secara benar. Dengan pinjam SWR lain. Kasihan radionya jika SWR gak mnatching.

  7. Saya sependapat dengan teman-teman, bahwa TM 271 A paling cocok buat kantor, militer,polisi, mobil yang kalau ngomong intonasinya tinggi. TM 271A tidak untuk komunikasi santai. TM 271A nampaknya tidak dilengkapi adjust mic gain manual ,apakah kemungkinan harus menggunakan software ?

  8. Kebetulan saya sendiri menggunakan TM271 dan IC2200.Memang benar pengalaman teman-teman bahwa modulasi 271 terdengar tertinggal oleh lawan bicara,saya sendiri belum tahu permasalahannya sehingga banyak teman saya menggantinya dengan mic assesoris.dibandingkan dengan 2200 daya tangkap signal jauh lebih bagus 271.saya sendiri dari solo bisa menangkap signal rekan dari purwodadi kudus blora bahkan pati,padahal hanya menggunakan telex hygain ketinggian 5m saja.untuk transmit saya bisa diterima 40 – 50 di daerah kudus padahal menggunakan low power (25w) klo saya menggunakan 2200 hanya diterima 20 menggunakan 20w. penilaian saya :
    1. Untuk kualitas modulasi lebih bagus 2200
    2. Daya tangkap signal lebih bagus 271
    3. Daya pancar relative lebih bagus 271
    4. Pengoperasian cenderung lebih mudah 2200

  9. saya sekarang pake 271 yg sebelunya pake 2200, keluhan modulasi tertinggal utk 271 tanpa saya duga bisa teratasi ketika saya menggunakan swr tuner MFJ-921, berkaitan hal ini saya hanya trial n error tanpa bisa menganalisanya. Utk 2200 rx dan tx tdk sebagus 271, utk itu 2200 minggu lalu saya tt dg yaisu ft-2800m yg ternyata sama saja sehingga mungkin mau “di sekolahkan aja”

  10. pakai yaesu ft2900 saja…cukup bagus.
    tapi tidak ada rf attenuatornya seperti ic2200h..kl ada rf attenuatornya makin sempurna tuh

  11. betul kang Toil, dan 2900r sudah ada mic gain utk keluhan selama ini utk seri dibawahnya (2800 dll) modulasi sering diterima lawan bicara “mendem” atau diterima kecil padahal mic 2800m aku sudah sedeka mungkin dengan mulut. Cuma harga baru 2900 masih sangat tinggi jadi nambah dananya banyak banget dan pasar 2nd ft-2800m lumayan sempit.

  12. TM271 harga baru 1,5 juta.
    Bekasnya sekitar 1,2-1,3 mulus lengkap spt baru.
    Atau menyesuaikan kondisi.

    di bekas.com kadang barang yg kita cari gak ada.

  13. Allow teman, sy maw tanya ni, SWR yg plg akurat itu merk apa ya ? krn klu pake maldol tulisannya sih japan tp gak tau asli apa gak, rig sy nunjuk di angka 1,3 – 1,5, bahaya gak utk finalnya. Thx

  14. Pengalaman PRIBADI saya:
    Test dengan maldol HS-260. SWR 1: 1,1
    Tp ditest dg Diamond SX-400 dan CNW-801 jadi 1:1,5 kadang 1:1,4
    Cukup jauh gesernya, radio bisa rusak.
    Itu pengalaman pribadi loh, dengan SWR Maldol HS-260 yang harganya 200rb an. Tulisanya seh japan, tp saya yakin itu bukan ori.

    SWR punya si boss harganya brp… Maldol banyak yang buatan lokal. Saya pakai yang MR-1000 pun gak akurat.

    Kalau SWR 1,5 wahhh walau blm merah tp saya gak berani dh hi-power TX.

  15. SWR maldolnya punya teman sy mbah, sy gak liat typenya, makanya mbah sy tanya2 krn teman sy bilang 1,5 masih gak papa, yg bahaya klu diatas 2.

  16. @AR: Wahh kalau saya 1,5 sdh cukup tinggi. Memang tiap orang berbeda persepsinya….
    @Ato: Met malam juga boss

  17. saya punya tm271a. setiap kali dihidupkan di tunggu kira kira setengah jam. timbul bunyi beep dan tidak bisa difungsikan transmitnya. apakah kesalahan software ? bantu donk kalau ada solusinya.

  18. @Mas basuki: Dulu setiap digunakan pakai kipas tdk?
    Krn kelemahan radio ini cepat panas.
    Saya pernah punya IC-2200 sering hang. Nyala tp gak bisa diapa2 kan.
    Pernmasalahanya krn over heat jd ada komponen yg aus. Diganti komponenya bisa jos lagi.

  19. @Om se
    – Tekan SET di pesawat (bawah display)
    Akan masuk menu
    – Tekan SET ata MONI lagi untuk pindah2 menu, sampai ada menu duplex. tandanya ada tanda +/- kedip2
    – Putar dial utk menetukan duplex yang ada
    – input 144.208 / out 144.309 berarti putar sampai 0.100
    – tekan PTT utk keluar
    – Pada extramic tekan tombol ( DUP – )
    – Selesai, di layar akan muncul tanda minus (-)
    – Simpan frekwensi spt biasa

  20. Pokokna Pake Kenwood TM 271 A saya puas, Saya buat link di Gateway Rapi Medan, Menggunakan Kenwood TM 271, Link Sudah Berjalan 4 Tahun lebih tidak ada apa2, risip saya sangat salut, menggunakan antena tarek2 HT ketinggian antena 3 section jaraknya 40 KM masih bisa risip, itu dah saya buktikan, kelemahannya cepat panas, saya atasi pakai kipas + switching komp biar tidak terlalu gede watt masuk, pkokna Puas ah…

  21. Om Boy atau lainnya, yang sudah oprek TM-271 untuk gateway tolong kirim skemanya ya… saya kesulitan untuk koneksikan ke interface.
    info kirim via email aja om ke rozy144@yahoo.com

  22. Kmungkinan jg,mbh.tp d tmpt saya di bangko,jambi.g ada,yg ada ksaran 30 mhz,an.smntra dia ksaran 49 mhz jd blum bsa coba d gnti,apa ada pndpt laen mbh,
    klau transmit bgus,nrmal.
    Tak dketin ht yg muncul cm
    sgnl busy ny aja.mtur0suwun sblmny mbh

  23. Dijual:
    Kenwood TM-217
    Kondisi bekas.
    Fungsi dan power normal.
    Kelengkapan: Radio + MIc + Kabel dc
    Kekurangan: Mic ada isolasinya, kabel dc pendek
    Minal: email ke info@telomoyo.com

  24. saya minat untuk beli radio anda kl boleh tau harganya berapa ya tr s ana no tlp nya ga. ini no tlp saya 081330409513

  25. Layar kenwood TM441 ada fleknya mbah…
    Kata tehnisinya itu karena pemakaian lampu yg terlalu terang dalam jangka waktu yang lama atau kena panas matahari…..jadi plastiknya mengkerut…kalau lapisan plastiknya di lepas .. maka tulisannya gak akan muncul….dan TIDAK BISA DIPERBAIKI…karena memang penyakitnya TM241/441….

    Mohon masukan/pencerahan mbah…TKS

  26. @Om lilik: betul om, sama dengan TR7950. Kalau mau awet ganti dengan LED saja.

    @Om oorix: sangat tdk recomend, saya beli sehari langsung tak jual 50% harga. Tdk akurat.
    Mending pinjem SWR yang bagus, toh pakainya juga jarang.

  27. siapa saja , ada yang bisa bantu saya untuk membuat/menyimpan memori freqw di TM 271..?
    mohon bantuanya,….

  28. temen2 ada yg bisa nolong gak saya cari flexsibel ( kabel penghubung dari rangkain depan kerangkaian belekang) radio saya kenwood TM 271A. kalau ada yg tau tlg infonya sms aja 08192244727 trims

  29. sy mau cari mbah pesawat RIG yg mudah dioperasikan dan bajetnya tdk terlalu mahal, dan apa mereknya ya mbah, tlng infonya………..?

  30. mbah tolong bantu saya untuk mensetting duplex Kenwood 271,input 142,750 sedang outout 14373.tolong kirim ke:s_adianto@yahoo.co.id, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  31. Met malam mbah..salam 51 55 sehat tentu harapannya..saya baru mau coba 271a mbah…biasa pakai 2100 dan 2200…apa kendala utamanya ya mbah…nuwun

  32. salam kenal mbah… sy ada problem tm271, tiap di nyalakan selalu bunyi beep (tit-tit-tit) dan tidak bisa di matikan walaupun sdh di reset, dan pswt gak mau transmit…kira2 apa y masalahnya???

    mohon bantuannya…

  33. kalau kenwood saya belum pernah coba. kalau icom saya pernah coba semua dari 2000, 2100, 2200, untuk RXnya kurang bagus semua..terlalu lebar dan mudah kena spleteran dari freq lain..dan ini saya buktikan dengan icom 2400 dual band..sangat jauh bedanya..karena bebas spleteran dan RX TXnya bagus

  34. Saya pakai Kenwood TR7950, TM241A, TM281A, semua memuaskan dengan kelemahan dan kelebihannya dibadingkan radio lain yang saya pakai Yaesu FT2900R dan Icom V-8000. Terutama untuk sis RX yang paling rendah saya nilai adalah V-8000 karena fungsi narrow FM pada versi yang saya punya tidak ada. TM281A baik TX maupun RX sangat memuaskan, kendala modulasi yang tertinggal dapat dengan mudah diatasi dengan menyisipkan pre-amp mic pada condensor mic pada mic bawaannya (KMC-59). Semoga berguna sebagai perbandingan.

  35. mbah paijan…punya stok rig second kah sekalian PSU?ic 2100/2200/2400/yaesu 2900/kenwood 271 atau lainnya…klo ada mohon di share sekalian harganya..njenegan alamate mana sih mbah?

  36. modulasi kenwood 271A bisa di besarkan dengan menghilangkan jumper resistor ke ground.di dalam extra mic

  37. saya punya kenwood tm271. tp ketika PTT ditekan pesawat reatrat dan tidak transmit.
    Bagaimana utk mengatasi masalah ini

  38. sy punya kenwood tm 281 bgm caranya kasih turun wattnya maslahnya terlalu besar l=25;h=60 mau sy l=5/10; h=60 mohon pencerahannya mba paijo..tq

  39. saya atasi ketinggalan modulasi dgn sederhana yakni dgn mencopot filter over modulasinya…

  40. Apakah cara mengatasi ketinggalan modulasi di atas jg bs diterapkan di tm281. Atau adakah cara yg berbeda

  41. Para master ,tolong dong extra mic saya kenwood tk7108h modulasinya ketinggalan banget,
    Apa solusinya??

Tinggalkan Balasan

Silahkan Masukan jawaban pertanyaan ini, tulis dalam ANGKA saja *