Review HT Yaesu VX7R VX-7R submersible radio

Saya mempimpikan radio ini sudah lama. Sejak tahun 2007 saya berangan-angan untuk mendapatkan radio ini. Berkali-kali saya membaca e-bay. Tapi waktu itu harganya masih tinggi. Jika beli bini pasti ngomel-ngomel, untuk apa beli perangakat 4 jutaan (harga waktu itu). Maka saat itu saya beli yaesu VX1R dan yaseu VX3R serta VX5R. Hehehehe yaesu mania.

Saya mendapatkan barang ini dari ebay. Sekali lagi saya termasuk beruntung mendapatkanya dengan harga yang relative miring.

Radio ini sangat bagus. Power sangat bagus, bisa 5 W dengan batre bawaanya. Casingnya dari magnesium yang sangat kokoh dengan balutan karet di sisi bawahnya. Jadi jangan kawatir akan pecah casingnya. Dibantingpun tdk pecah, paling dalemanya yang bermasalah heheheheh. HT ini tahan air, dijamin. Dengan kata lain submersible. Jadi jika tercelup air dalam jangka waktu satu jampun HT ini tidak akan bermasalah. Setiap lubang dilindungi dengan sealed khusus. Begitu pula dengan speaker, dibuat tahan air. Jadi jangan kawatir bawa HT ini sambil hujan-hujanan. Hehehehe sangat cocok untuk para pendaki, kena hujan aman….

Full kepyad programable. Satu keypad bisa memiliki beberapa fungsi sebagai short cut dari menu utama. HT ini sendiri memiliki banyak menu didalamnya.

Yang mengagumkan HT ini memiliki berbagai fitur andalan bawaanya. Antara lain frekwensi counter. Dengan fasilitas ini kita dapat mengetahui frekwensi radio lain yang memancar. Misal kita ingin tahu frekwensi TX Pak Polisi, tinggal kita aktifkan frekwensi counter ini sambil nongrong di dekat pos pak polisi. Pasti dapet dah. Sekalian bisa scan Tone yang digunakan. Jadi kita bisa tahu frekwensi repeater dan bisa ikut ngomong (tidak disarankan loh).

Fasilitas lain adalah spectrum analizer. Fungsinya untuk mengetahui perangkat lain tepat atau tidak frekwensi pancaranya. Misal perangkat lain TX di 144.040 Mhz, kita analizer, maka akan tahu pesawat tersebut pas tidak atau bergeser ke kiri / kanan frekwensinya. Kadang pesawat tdk tepat / tdk sesuai frekwensi pacaranya dengan yang didisplay pesawat.  Kalau Spectrum analizer kita buka lebar, maka akan terpantau frekwensi mana saja yang ada pancaranya sesuai setelan lebar spectrum yang disetel.

Pesawat ini bisa TRUE DUAL RECEIVE. Menerima dua frekwensi sekaligus secara bersamaan. Beda dengan dual watch yang bergantian cek frekwensi. Jadi seolah-olah kita mempunya dua HT sekaligus. Dengan LCD yang lumayan besar, maka kedua frekwensi tersebut dapat ditampilkan full di layar.  Berbicara tentang LCD VX7R, dari sekian banyak HT yang pernah saya miliki, LCD VX7R ini paling bagus. Full dot matrix. Sehingga dapat menampilkan karakter dan gambar secara sempurna. Iluminasi dan kontras LCD pun dapat kita atur sedemikian rupa.

Berbicara tentang rentang frekwensi, HT ini mengcover 0,4 MHz – 999.990 MHz. Jadi memang tergolong wideband radio dengan mode AM / FM / WFM. Sayang tdk ada mode SSB untuk memonitor HF band. HT, seperti HT merek Yaesu lain sangat mudah dimodifikasi TX/RX nya. Yang saya pakai sdh dimodifikasi TX 40 MHz – 570 MHz continue. Jadi bisa TX di semua rentang band itu.

Yang baru saya coba adalah fungsi VOX tanpa headset khusus VOX. VX7R mempunya fungsi VOX auto dengan mode low dan high sensitif. Jika fungsi ini diaktifkan, kita dapat berbicara tanpa perlu menekan PTT. Jika kita bicara maka otomatis akan langsung TX tanpa menekan PTT. Jika kita diam maka otomatis mode RX. Hal ini bisa dilakukan tanpa headset/mic khusus PTT, dengan kata lain dengan HT saja bisa dilakukan. Juga bisa dilakukan dengan headset standar non VOX. Headset yang banyak dijual di pasaran.

Ada juga fungsi smart seach. Dengan fungsi ini HT otomatis mencari frekwensi dalam range tertentu. Misal jika kita set 440.000 – 450.000 dan mode continues, maka HT ini akan mencari frekwensi dalam range frekwensi tersebut, bolak balik otomatis sampai 30 memory frekwensi yang disediakan terisi semua. Jika blm terisi maka akan tetap mencari. hal ini sangat membantu saat kita berada di kota yang baru kita kunjungi. Aktifkan smart search, masukan HT di saku atau tas sambil jalan2. Kita tdk perlu scan bolak-balik lagi.

Secara umum saya sangat menyukai HT ini. I’m realy love it. HT yang luar biasa dengan kemampuan yang luar biasa. Impian saya berikutnya adalah VX8R. Sudah banyak orang yang menawar HT ini. Walaupun saya mendapatkan keuntungan finansial yang lumayan jika HT ini saya jual, tetapi sampai sekarang belum niat menjualnya. Karena jika mau beli lagi harganya masih 3,7 juta rupiah. pasti nombok lah. Hehehe kecuali ada yang mau membeli 3jt… tp imposible ada yang mau 3jt…..hahahahahahaha

Jika saya dirumah, HT ini masuk kotak. Karena nyaris ditempat saya hanya ada frekwensi VHF amatir. jadi VX7R tdk berguna. Jika bepergian keluar kota, maka HT ini selalu setia menemani. Yah hanya untuk monitor saja. Sangat… sangat jarang untuk TX. kecuali terpaksa bener. Jadi bisa dikatakan kondisi masih perfect.

—-this article also can read ini http://www.telomoyo.com/vx7r.htm

23 tanggapan pada “Review HT Yaesu VX7R VX-7R submersible radio”

  1. salam kenal mas, kalo ht vx7r itu jangkauan nya gimana ya luas atau tidak, sya jg pengguna ht yaesu sya punya type FT-270 cuma kayaknya daya jangkaunya kurang memuaskan ada rencana sih mau beli yg type FX7R atau VX8R tp lagi mikir-mikir neh mengenai performanya, mohon infonya terimakasih mas.

  2. @Rando: Jangakauan untuk VX7 / FT-270 / lainya HT 5 watt.. HT to HT paling 1 – 2 KM saja. kalau mau jauh pakai antena luar.
    saya blm pernah punya FT270, jadi blm bisa ksh repiu

    @Om jati: Tekan MON/F lalu angka 7
    Maka akan mode chanel counter. Dia akan scan. Tp jika gak adapat frekwensi akan kembali ke mode frekwensi, gak bisa trs menerus di chanel counter. Kalau mau pakai hrs diulang2

  3. mbah kalau ke yogya aku dikabari ya mbah, banyak yg aku pengen tahu ttg VX7R n FT2900R. nmr ku 08122740724, kalau ke yogya n posisi dimana kabari aku ya mbah. tnx

  4. mbah paijo ato rekan yg lain adakah info ttg mic compresor, brp harus ganti ongkos nya sekalian speck nya……….

  5. kalau dibalik batere fnb80li nya vx7r, ada 3 konektor, itu mana yang positif dan negatifnya?

  6. ndherek tanglet Mbah, apakah VX 7 bisa di conectkan ke HT GMRS chatterbox, yang biasa u touring motor.
    mksh

  7. Salam kenal mbah,
    Kulo alumnus Jogja, sementara merantau ke seberang. Ngapunten mau ngerepoti mbah Paijo. Kebetulan masih newbie dalam penggunaan HT yang canggih … kebetulan baru dapet Yaesu VX-7R dengan deskripsi persis yang mbah Paijo sudah jelaskan.
    Nah … untuk itu dalam rangka monitor perkembangan sikon saya mohon petunjuk ttg bagaimana cara detek frek pak pol (dengan metode counter kah??) kemudian juga bagaimana cara mengetahui frekuensi repeaternya supaya gak kepotong-potong
    Demikian mbah … matursuwun

  8. salam kenal om,
    saya punya vx 7r tapi saya lihat jumper dari 1 sampai 8 itu yang di jumper no 2, sdh begitu dari tokonya, apa itu sdh free band atau bagai mana, sy jadi rada bingung nih, sementara saya lihat yang posting itu banyakan katanya lepas jumper 4, terus ada jg sy lihat di youtube untuk free band itu di jumper yg no 3, mohon pencerahan, apakah beda untuk asia dan usa untuk tipe tersebut.

  9. salam kenal mbah, saya pengin beli vx6r ada nggak yang jual agak miring harganya, mohon sarannya mbah

  10. Mau nanya mbah, baru mengenal HT nih. Gimana caranya biar jangkauan HT kenwood TH-K20A bisa jauh? Untuk alasan keamanan misalnya bisa gak kita monitor frekuensi polisi?
    Kerjanya di tambak luar pulau mbah. Mohon pencerahannya

  11. Mau tanya om, kenapa daya tangkap Yaesu VX-7R di MAIN budeg, sementara di SUB kuat sekali, dan memory di AirBand dan Trunking yg telah tersimpan, ga bisa tampil di SUB…

  12. Sugeng siang mas,
    Kulo newbie bade nyuwun tulung, bagaimana setting frekuensi tx dan rx di Yaesu VX7R karena kebetulan
    kantor pakai repeater.
    Demikian.

  13. Pingback: adult dating, adult personals, chat, chat online, chat room, contact, dating, dating chat, dating service, dating site, free chat, free dating online, friend finder, friends, friendship, gay, girl, girl friend, girlfriend, guy, hot girl, hot guy, hot woma

Tinggalkan Balasan

Silahkan Masukan jawaban pertanyaan ini, tulis dalam ANGKA saja *