Radio Djadoel

Sungguh menarik mengkolekasi barang-barang jaman doeloe (jadoel). Serasa kita kembali lagi ke masa tempo doeloe yang masih adem ayem.

Disini saya memiliki dua buah radio tempo doeloe. Yang pertama radio merek INTELICS buatan national. Radio ini saya dapatkan dari membeli. National Solid sate.

Daleman masih original. Cuma ada 2 buah elektronic kondensatotor yang diganti. Lainya masih original. Speker juga masih original. radio ini asli made in Japan. Dari bodi, onderdil, speker semua made in japan. Sayang cuma bisa bekerja di SW (49-180 meter). AM tdk bisa difungsikan. Saklar pemindahnya macet. Kalau dipaksa mungkin bisa, tapi saya takut malah patah.

Di Band SW berfungsi dengan baik. Bahkan bisa mendengarkan amatir band di 80 meter, 40 meter dana lainya. Kalau mendengarkan amatir band atau band niaga seperti komunikasi kapal laut jika yang menggunkana memakai mod SSB akan terdengar seperti suara bebek. Tapi jika menggunakan AM biasa akan terdengar jelas. Untuk mendengarkan komersial band sangat bagus dan peka. Radio-radio SW dari seluruh dunia tertangkap jelas.  seperti radio BBC, Australia, VOA dan lainya.

Jika anda tertarik untuk mengkoleksinya, radio ini bisa pindah tangan seharga 250rb saja. Kolektor only.

Radio kedua yang saya dapatkan adalah merek telesonic seri TR-500. Radio ini saya dapatkan di pasar loak Kebumen. Semua sparepart daleman original kecuali satu buah elco sdh diganti. Speker juga masih asli madein japan.

Yang disayangkan radio ini sdh dikasih trafo dari yang punya. Tetapi tidak mengubah fungsi. Karena trafo hanya diletakan didalam dan  disambungkan dengan kabel batre. jadi bisa dikembalikan lagi seperti aslinya dengan menyabung kabel ke tempat kompartemen kabel asalnya.

Radio ini mempunya 4 Band (AM – SW1 – SW3) dan bekerja pada 4 – 22 MC untuk SW band. Semua berfungsi normal. AM masih berfungsi dengan baik. Di Gombong bisa menangkap beberapa siaran radio AM lokal yang masih mengudara. Sedangkan band SW juga masih berfungsi dengan baik. penerimaan sangat sensitif. Bisa menangkap komersial radio sampai amatir radio. Untuk amatir radio bisa mencakup hampir semua band. Dari frekwensi RAPI 11 MC, niaga kapal 10 MC sampai ORARI bisa ketangkep.

Jika ada yang minat dengan radio ini bisa dipindah tangankan dengan 250rb saja.

Begitulah mengkoleksi barang yang antik. Kadang oleh sebagian orang dianggap sampah dan tidak berguna tetapi oleh sebagian orang merupakan barang yang berharga. mengkoleksi barang langka mempunyai nilai kepuasan tersendiri. kalau barang baru semua orang bisa memiliki, tetapi barang langka tdk semua orang bisa memiliki. Itulah yang menyebabkan nilainya tinggi.

12 tanggapan pada “Radio Djadoel”

  1. kemaren pulang lebaran ..bongkar2 rumah ternyata radio telesonic seri TR-500 masih ada…setelah di coba masih ok……sip lah…dulu tiap sore buat dengerin sandiwara radio “ibuku malang ibuku sayang ” sama “brama kumbara ” hehehehe jadul pisan euy…

  2. saya berminant memiliki keduanya mhn saya di beritahu cara untuk mendapatkannya hehehesiapa tahu itu radio punya memori bisa memperdengarkan lagi sandi wara radio tutur tinular yg beken era 80an krn sy salah satu penggemar aryadwipanga hahaha

  3. @jiyoe: barang lama kadang nilainya tak terhingga….
    Barang baru semua orang bisa punya, barang lama tdk semua bisa memiliki. Dirawat aja baik2 radionya.

    @agung: kontak email saya aja boss: andhi@telomoyo.com

  4. Weh Fotonya kok pada ilang ya….
    Gara-gara pindah hosting dari USA ke IIX foto banyak yg tercecer.
    Nanti saya foto lagi…..

    Ayo, siapa minat…. kontak saya……

  5. Pak, radio Telesonicnya masih ada nggak. Kalau masih ada tolong info ke saya ya. Trims atas perhatiannya.

Tinggalkan Balasan

Silahkan Masukan jawaban pertanyaan ini, tulis dalam ANGKA saja *