Antena Radio

Puyeng banget seting antena. Tapi biarlah segini aja. Walau Ketinggian cuma 5 meter dari tanah sdh bisa sampai Purwodadi/grobogan, jogja, dll. Dari kota gombong. Dengan antena sperti ini:

Inginya sih ditinggikan lagi sampai 15 meter. Tapi ntar dulu ah, gak punya pipa untuk pasangnya. Antena itu aja pakai pipa bekas tiang bendera… hehehehhehe.

kalau ditinggikan lagi sampai 15 meter mungkin jangkauanya akan lebih jauh lagi.

Yang saya heran disini adalah dulu sebelum ada antena G-7 itu… antena telex budeg banget. Sekarang ditaruh antena G-7 didekatnya antena telex sangat peka. Bahkan kepekaan nyaris sama dengan G-7, paling selisih satu atau dua bar dalam skala 10. Ada apa ya, apa pengaruh resonansi atau pantulan dari antena G-7 tsb?

Ada yang bisa bantu jawab…???

31 tanggapan pada “Antena Radio”

  1. kemungkinan antenna jenis hy-gain (V2R) jadi peka karena dapet pantulan dari antenna satunya. Coba anetenna Hustler (G-&) diturunkan..kalau diturunkan ya kemungkinan besar G-7 ngebantu receive antenna hy-gain itu. alias fungsinya malah jadi reflector, karena antennanya lebih panjang dari hy-gain (V2R). begitu roger

  2. bang diperhatikan antenya mantep banget kalau ada mita referensi untuk modifikasi antena, saya baru mencoba modifikasi antenna v2. bonggol ato balum saya ganti dengan perak, coba minta sarannya dong!

    1. weewwww… kalau jadi reflektor atau konsentrator sinyal… pengaruh gak mbah ke G7 nya?
      apa baiknya telexnya diturubin?
      hehehe warna G7 jogja merah putih, pertanda cinta indonesia mbah. Tapi antena yg difoto itu bukan dari jogja…..

  3. Ya aja wong teleke sike kena ge monitor. Ben Plot radiasine bisa korek gitu teleknya di taruh dibawah G7 minimal 5/8 lamda. wah bakale free tenan.

  4. kalo saya denger denger antena posisi menentukan prestasi hmmm jadi coba tukar posisi pasang antena pasti telex lebih peka untuk receiver apalagi digabung bawahnya telex atas G7 maka jadi antena bacok bacok yg dasyat uji coba dah membuktikan di bali oya per jarak 50cm posisi antena 2meterband bisa mempengaruhi penerimaan dan pancaran itulah un iknya frekwensi amatir 2meterband ini

  5. @ Mbah Wongso: Berarti G7 hrs ditinggikan lagi ya mbah. kalau telex diturunin gak mungkin. Itu sdh 5 meter dari tanah. Rendah banget.

    @Mpok Ayu: Iya disini byk model antena yg dikawinkan. Tapi rata2 antara telex dan Ring-O. Atas Ring bawah telex. Lumayan juga hasilnya.
    Kalau Telex + G7, apalagi telex dibawah, kira2 telex kuat ga menopang G7 yang panjangnya 5 meter dan di goyang2 angin besar.

  6. klau pendapat sy bukan karna di dekatkan dgn ant g7 trsbt tapi karna ant telex tsb rusak pd loding coil nya atau terjadi rusak pd conektor dan cable

  7. BUAT MUL sy punya Ant telex yg memang aslinya dah lilitan perak bukan dari modif disitulah kt perlu hati2 beli ant telex karna yg asli buil up memang dah d lilit perak tp klu loding coil nya tembaga itu dah pasti palsu producsi lokal atau aspal

  8. Mbah Paijo… mohon dikirim spesifikasi, alamat penjual, serta harga antena di atas termasuk ongkos kirim ke kota Pekalongan. Maturnuwun…. dikirim ke email aja ya atau facebook (sebagaimana kemarin telah saya kirim pesan via facebook)

  9. @ Pak Alvis… sdh saya kirim by email. kalau facebook saya jarang banget bukanya.
    Semoga bisa membatu. jika belum jelas bisa ditanyakan disini lagi.

    makasih…

  10. @ Bro Gotri…..
    wehhhh cinta produk indonesia…. good…..
    Ada Harjo…
    Homo = Hobi monitoring
    Lesbi = Males bicara…
    Alias tukang nguping…

    Thanks kunjunganya om…..

  11. sy asli womg yogya tinggal neng kotaraja, pengen cari antene g7yogya sing mantep banget, isa ora dinggo pentung2an?

  12. Werh asli wong jogja tho. Jogjane endi mas?
    aku 16 tahun hidup di jogja.
    Antena G7 made in jogja memang banyak yang mantep bisa nggo mentung.
    Tp banyak juga yg ceng-ceng po alias jelek. Ada tema pesan 4 unit haslinya mengecewakan.
    so pandai-pandailah memilih.

    Ps.
    Kotaraja kuwi endi ya?

  13. lokasi gak tinggi om… didataran rendah dekat pesisir.
    Antena juga cuma 5 meter dari tanah ketinggian pipa…
    Yang bagus lawan saya, antenanya peka kali….

  14. sama saya mengalami pakai antena 5/8 3x kalau antena pendek tidak bisa kemana-mana laksi saya dilembah antena harus tinggi bisal jau

  15. @Om om basyah: cara setingnya sama dengan telex om. naik turunkan sambungannya aja.
    @Om iwan: benar om, makin panjang antena makin bagus.
    @Om Mlayu: Specnya apa om? pajang aja disini sapa tahu ada yang minat

  16. Ada yg jual booster 150-200 watt….??
    Klo ada tolong impo ma saya ya boz……
    Call di 081251107106
    Thankyu….thankyu…..

  17. boz.. Telex saya kl ditambah loding atasnya 1tinkat ukuranya berapa lilit / lamda ya… Ada yang mau bantu.? Trims sebelumnya.

  18. mbah paijo salam kenal dari parjo…
    aku mau antena kaya di atas mohon di bantu,alamat penjual,spesipikasinya dan harga mbah..,klo tidak keberatan kirim lewat email aja.
    matur suwun..

  19. klo yang mau G7 yang udah ful sepuh emas apa yang g9 sepuh emas hub saya aja….. tapi pesan dulu barang baru dibuat…. pancaranya dijamin mak jussss eh mak nyus….
    hub di 08175484280

  20. Kalau HT UV5RA mau ditambah booster bagusnya yang berapa W (harga murah, kalau ada yg mau jual bekas info ya), trus antenanya pakai yang mana ya mbah?
    terima kasih

    Budi
    YM : ups_batre@yahoo.com
    whatsapp 081703637426

Tinggalkan Balasan

Silahkan Masukan jawaban pertanyaan ini, tulis dalam ANGKA saja *