Icom IC-T7A adalah HT dual band. Dengan bodi yang lumayan pas di genggaman tangan, tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Power HT ini adalah 2 Watt dengan batre dan 4 Watt dengan adaptor 13.8V.

HT ini sdh mempunyai fasilitas yang lengkap. Seperti Tone, DCS, simplex/duplex, dll. Dengan power 2 watt sudah bisa membuka repeater dengan antena bawaanya.

Dengan sedikit modifikasi menu, HT ini bisa dilebarkan frekwensi TX/RX nya. Standarnya untuk TX/RX adalah 136-174 dan 420-470. Tetapi bisa dilebarkan untuk RX 40 – 999 Mhz dan TX 40 -525 Mhz. Untuk modifikasi ini tdk perlu mebuka casing. Cukup dengan menekan menu tertentu. Berikut langkahnya:

Matikan Pesawat. Tekan dan tahan tombol BAND dan tombol MONI secara bersamaan.  Lalu tekan tombol POWER sambil menekan dua tombol tersebut. Tahan dan tunggu selama 5 detik, baru dilepas. Maka frekwensi akan berubah jadi 40 – 999 Mhz.

Radio ini menggunakan 4 buah batre AA. Ini yang menjadi salah satu kesukaan saya. Bisa diisi batre rechargeable. Dan di charger dari pesawatnya. Jika batre drop/soak maka akan mudah mencari penggantinya dan murah. Jika memakai batre pack dan drop, akan mahal entuk mencari penggantinya. Batre pack berksar diatas 250 ribuan.

Untuk IC-T7H mempunyai spec yang sama persis dengan IC-T7A. Perbedaanya cuma ada di power outnya, yakni 2 watt dengan batre dan 7 watt dengan DC 13.8V

Kelemahan radio ini jika memakai DC-13.8V (12V keatas) akan cepat panas. Dipegang dengan tangan akan tidak kuat, Untuk mengakalinya kita bisa memakai power external 9V saja. Power dengan 9V sdh cukup besar juga.

Perbandingan ukuran