Radio ini saya beli pertengahan bulan Oktober 2009 di Versakom.

Begitu terima, box nya besar banget… weleh kalau ini dikirim dengan TIKI tentu mahal di packing.

FT-2900R adalah mirip dengan FT-2800R. Bedanya cuma penambahan power dan pengaturan memori. Bodi FT-2900R terlihat bongsor dengan LCD yang besar. Ketika saya jejerkan dengan FT-7800R, maka FT-7800R nampak kecil sekali.

Munu FT-2900R ini lumayang lengkap layaknya perangkat yaesu lainya. Ada mic gain yang bisa disetel dari level 1-9, ada smart search yang sangat berguna jika kita masuk di kota lain, ada display voltase dan suhu pesawat, dll.  Bagi yang sdh terbiasa dengan HT yaesu maka akan familier dengan FT-2900R ini.

Dengan power 75W di spec, tetapi kenyataanya bisa 80W maka radio punya daya yang besar.  Dilengkapi dengan 4 srep level power untuk kenyamanan kebutuhan power, 5/10/30/80 Watt. Kita bisa sesuaikan, misal untuk lokal cukup dengan 5 watt saja. Saya coba lari dengan V8000 radio ini tetap lebih unggul.

Audio yang dihasilkan dari speker bagus. Diantara RIG yang penah saya miliki, FT-2900R ini paling bagus audionya. Tdk cempreng. Volume spekernya keras sekali maklum spekernya berkapasitas 3 watt. Pengaturan squelch juga sangat mudah tinggal memutar knop squelch tdk perlu masuk menu segala.  Hand Mic yang disertakan sangat lembut PTT nya. Beda dengan TM-271 yang keras. Sayang tombol numericnya kecil2, kadang harus dengan kuku untuk memijitnya. Full function remote control untuk menu-menu belum saya temukan dengan hand mic ini. Jika masuk menu saya harus melalui tombol di radio.

LCD sangat besar, terkesan kontras dan garang dengan bodi yang besar pula. Radio ini tdk panas. Beda dengan Icom IC-2200H yang sangat panas jika TX dengan Hi-Power, hrs dengan kipas. FT-2900R tanpa kipas tdk panas, cuma hangat. Yach memang menurut yaesu FT-2900R sdh dilengkapi die-cast jika TX tdk diperlukan kipas. Pesawat ini sangat cocok untuk ditaruh di mobil.

kekuranganya speker ada di bawah. Untuk base station kurang cocok. Jack external speker berada di dekat konektor antena dan terlindung sirip, sangat sulit memasangnya. Apalagi jika pakai speker kenwood yang jacknya huruf L, akan mentok di bodinya. Tombol2 di display depan kurang banyak, coba seperti FT-7800R akan lebih asik.