Radio komunikasi tdk hanya monopoli orang biasa. Presiden SBY pun waktu mengecek koordinasi banjir beberapa waktu lalu juga menggunakan radio. Bahkan radio ini menjadi perangkat komunikasi utama disaat sekarang disepelekan oleh sebagian orang. HP malah jadi alat komunikasi cadangan.

Tentu SBY sdh tdk asing lagi dengan radio semacam ini. Waktu beliau masih aktif di militer dahulu tentu tdk asing lagi dengan mainan seperti ini.

Saya membaca dibeberapa forum jual beli, ada yang berkomentar miring soal radio seperti ini. Ada yang mengatakan jaman canggih spt ini masih pakai HT/RIG, ada yg mengatakan mending buat beli blackberry, radio sdh ketinggalan jaman / kuno. Weh yang bicara spt itu tentu blm pernah pegang atau punya radio.

Harga radio sekarangpun harganya jauh diatas harga blackberry. Seperti VX8R (HT), FT-7000, ataupun boster rusia yang harganya sampai 200 juta.

Radio masih merupakan alat komunikasi yang sangat efektif.  Disaat komunikasi ngadat karena bencana, radio ini masih sangat eksis. Terutama untuk koordinasi dilapangan. Pak polisi, militer, kemanan masih setia menggunakan radio. karena koordinasi sangat efektif. Tinggal tekan PTT seluruh jajaran bisa mendengar dan menerima perintah. Tdk perlu repot menekan dial segala.