Road To Bengkalis Island

Lama saya tidak online, karena fasilitas online tdk ada disini. Setelah dapat kiriman paket dari jawa baru bisa online.

Ini adalaha perjalan ke bengkalis ke tiga kalinya. Sebelunya sdh beberapa lama saya di bengkalis. Dan juga di pekanbaru sejak 2006.

Tanggal 14 januari 2009 saya berpamitan kepada istri dan anak yang baru berumur 4 tahun… Memang terasa sangat berat untuk berpisah beberapa lama, setidaknya selama 7 bulan.
Pagi itu saya diantar naik bis menuju jogja. Sampai di jogja segera saya menuju sebuah penginapan untuk bermalam beberapa hari. Selama di jogja cuaca buruk, hujan terus. Saya paling takut jika naik pesawat dalam kondisi cuaca hujan. Maka saya terus mempertimbangkan apakah langsung naik pesawat dari jogja atau naik kereta dulu ke jakarta atau naik bis langsung ke Pekanbaru.

Akitnya diputuskan naik pesawat.. Langsung ke PKU. Transit di CGK.

Malem2 cari tiket… Waduh mahal semua… maklum besok hari minggu, jd pesawat agak penuh.

Tp untungnglah suatu kebetulan dapat tiket di salah satu agen harganya 600rb aja. Ditempat lain sdh 1,5jt… OK langsung ambil.

Malam minggu jalan2 bentar di malioboro… trs sleeping…
Jam 4 pagi bangun…. siap2… krn jam 5 harus check in.
Jam 4.30 by taxi ke adi sucipto…. Check in… nungguin….
Jam 6 tepat pesawat dah berangkat ke CGK….
Mula-mula lancar.. cuaca cerah… tapi begitu masuk wilayah jabar… wowww… gelap…. awan pekat.
Goyang dombret dah diatas…. sampai mual….. Tp kali ini kok bisa tenang ya saya. Biasanya kalau dah goyang2 saya selalu agak panik.

Lega ketika pramugari yang cantik, sexi, bahenol.. (wakakakak) memberitahukan akan landing.
ketika landing… weh ternyata CGK diguyur hujan

Setelah nunggu sejam, jam 8 saya naik pesawat lagi menuju PKU. Sepanjang perjalanan cuaca cerah dan tdk terjadi guncangan2 hebat. Hanya kadang sesekali aja guncangan ringan.

Setelah 1,5 jam diatas pulau sumatra, akirnya tiba pula di PKU…. PKU… I’m coming again…… Huah… hah,,, hampir setahun tdk menginjak PKU. Cuaca masih tetap puanassss

Puhhhh ada yang membuat saya mangkel. Setelah menunggu sekian lama bagasi saya tdk keluar. Bahkan sampai habis… Nah loe… ilang dah bagasi saya. Lapor..lapor ke petugas.. diterima orang bandung uey.. Disuruh nunggu dirumah nanti akan dikabari. Padahal rencana mau olangsung ke Bengkalis. terpaksa dah nginep di pekanbaru. Untung sorenya di telepon dari airlines bahwa bagasi saya sdh ketemu. Tp basah kuyup kayak masuk got… buset dah

Kesokan harinya saya melanjutkan perjalanan ke Kota Bengkalis. Bengkalis adalah salah satu kabupaten penghasil minyak. Disini ada Chevron, peryamina, dll. Banyak kilang-kilang di kabupaten Bengkalis. Wilayah bengkalis terdiri dari beberapa pulau dan sebagian masuk pulau besar sumatra. Duri adalah salah satu kota minyak di wilayah kab. bengkalis. Ada di pulau besar sumatra.

Saya menuju ibu kota kabupaten yang terletak di Pulau bengkalis. Pulau ini berda di ujung timur sumatra. Saya naik speed boat menuju Kota bengkalis. JAngan dibayangkan speedboat yang kecil. Ini Lumayan besar. Kapasitas 50 penumpang Full AC dan video. Kalau di jawa boleh dikatakan Bis Patas lah. Dengan speed boat saya menyusuri sungai membelah pedalaman sumatra. laju speed boat cukup kencang juga. Selama 4 jam saya berada di speed boat. Dari pekan baru menuju ke pesisir timur sumatra. Akirnya sampai juga di kota Bengkalis…. Hampir setahun pula saya tdk ke sini…

Lega dah rasanya sampai… Kotanya puanas…. Tak terasa hampir satu bulan saya disini. Gak pernah ada hujan. Panas sekali. Padahal di jawa dikabarkan huja trs, bahkan sampai banjir.

Rencana saya 6 bulan akan berada di Kota Bengkalis. Biasalah, cari sesuap nasi. Dengan bersenjatakan radio bisa monitor kemana2… heheheh. Banyak kapal dan pesawat udara dari luar negeri terdeteksi di radio…. Semoga saja saya betah disini selama 6 bulan. Maklum keluarga ditinggal semua di jawa. Sekarang hanya mengitung hari detik demi detik menunggu bulan Juni/Juli untuk ke jawa lagi.

Oh ya bengkalis ini salah satu tempat transit ke Malaysia. Dahulu kalau penyeludupan TKI besar-besaran selalu transit di bengkalis. Tapi sekarang tdk ada lagi.

Orang-orang bengkalis lebih suka juga bepegian ke Malaka, malaysia daripada ke jakarta.  Karena ongkos ke Malaka lebih murah. Bahkan nyaris sama dengan ongkos ke Pekanbaru. Hanya dengan 250rb rupiah kita sdh bisa ke malaka. kalau kita punya KTP Riau, maka masuk maysia kita free fiskal. Mungkin karena serumpun kali. Tp saya pun bisa free fiskal kesana krn ada kebikalan pemerintah yang punya NPWP free fiskal. Belanja di malaka lebih komplit dan murah. Pengobatan disana pun lebih modern dan lebih murah dibanding dengan di pekanbaru. Makanya orang bengkalis jk berobat lebih suka ke malaka juga. Nah lo….

Speed Boat ke Malaysia

Kalau ke malaka kita bisa naik speed boat dari bengkalis langsung. Saya agak bingung liat speed boat diatas.  Namanya Malaysia Express, tapi benderanya Indonesia. Sebetulnya milik siapa sih itu kapal?

4 tanggapan pada “Road To Bengkalis Island”

1. Selamat datang di Pulau Bertuah kami yang tercinta… Pulau yang sekali anda datangi dan tak akan terlupakan selamanya…(hehehe..lebay)

oh iya, kapal Malaysia Express adalah salah satu alat transportasi kami ke negeri tetangga, kapal tersebut memang milik tetangga, dengan peraturan Internasional yang telah disepakati, kapal manapun, kalau sudah masuk di negara lain harus mengibarkan bendera negara yang didatanginya,

kata pepatah melayu ” dimane bumi (laut kale) di pijak, disitu langit dijunjung….”

2. @ bang “boedak melayou”
    Thanks bang atas welcome note nya…
    Hehhehehe ne tak terasa dah 2 bulan di bengkalis.

bsk kalau pulang rencana lewat batam saja, numpang dumai express dari bandar sri laksamana.

Abang dimana neh bengkalisnya…

3. Assalamu’alaikum Om..

wah kayake krasan ne di Bengkalis…bagi2 Informasi…moga selalu sehat dan lancar rejekine…..

salam HANGAT dari Kota JOGJAKARTA

Muhari

4. @Boss Muhari: Jane yo ora krasan, tp ya piye maneh. Golek beras je nang kene.
    Itu saya ada jualan beberapa radio… monggo di borong…