Klik untuk perbesar

Spec:
– RX: 110.000 – 999.000 / TX: 140.000 – 174.000
– Power 10 / 25 / 50 / 70 watt. 15A max.
– Dual frekwensi. Dual Watch, band scope.
– Half duplex, FULL Duplex
– Tone / TSQ / DCS

Saya dapet radio ini kondisi second. Alasan beli karena frekwensi radio ini lebar. Karena saya juga sering monitor frekwensi yang aneh-aneh.
Pertama pakai radio ini sangat bingung. Hand Mic hanya bisa untuk PTT saja. Angka2 dan tombol fuction gak fungsi. Katanya yang jual seh emang dari sananya gak bisa.
Semua menu harus diakses dari tombol-tombol yang ada di RIG. Kalau yang pernah pegang yaesu VX1 / VX2 / VX3 / IC-Q7A / dan sejenisnya pasti sdh terbiasa dengan menu spt ini.
Tombol rotary dial ada 2. Yang satu untuk step MHz yang satunya untuk Hz. Cukup memudahkan untuk penggesaran frekwensi.
Menu-menu sangat banyak, ciri khas yaesu untuk frekwensi lebar.  Pengaturan duplex repeter juga sangat mudah. Hanya dengan 3 kali langkah sdh bisa disetting untuk repeter bebasnya.

Terdapat dua kipas di belakang bodi radio. Yang satu untuk putaran udara masuk, satunya keluar. Kipas akan berputar jika pesawat sdh mulai panas dan bekerja otomatis. Ini sangat membantu, tdk perlu kasih kipas tambahan.
Untuk dipasang di mobil sangat cocok. Krn sdh ada kipas otomatisnya. Untuk RIG jika tdk ada kipasnya running di hi-power akan sangat panas.
Modulasi mic yang diterima lawan bagus. Dominan tanpa ketinggalan.
Audio speker standar. Untuk penggunaan sehari0hari saya pakai speker external Kenwood. Suara sangat mantappp…

Kelemahanya jk tdk terbiasa dengan menunya akan terkesan sulit. Tapi jika sdh terbiasa akan mudah.
MIC hanya untuk PTT saja. Angka2 tdk berfungsi, jika ditekan malah merubah tingat power dan mode momory/vfo.
Radio ini memakan power yang besar, 15 Va. Jika power kurang maka akan “nggereng” radionya. Krn power besar, jika running di hi-power kadang konektor sekering di dc cord sangat panas. Jika sangat panas arus kadang putus sementara (buka sekering putus). Mungkin konektor sekeringnya kendor memuai jk panas. Padahal sdh pakai sekering 15A. Rencana mau saya by pass saja tdk pakai sekering. Krn Power Supply sdh ada protector jk short akan mati sendiri, relatif aman.

Secara umum saya sangat menyukai radio ini. Walau awalnya sangat bingung soal menunya.
Semoga radio ini awet di tempat saya….