Merdeka…!!! Indonesiaku

Hari ini 17 Agustus 2010 tak terasa sdh 65 tahun indonesia merdeka.
Waktu yang panjang untuk bangsa Indonesia membangun tanah air tercinta ini. Selama kurun waktu ini pula kita telah banyak mengalami kemajuan pembangunan dan dinamika sejarah. Baik yang bernuansa positif atau negatif.

Bila kita renungkan sejarah bangsa Indonesia. Betapa dulu para pahlawan berjuang dengan sekuat tenaga tanpa pamrih. Berjuang bertaruh nyawa. Hanya untuk satu tujuan: INDONESIA MERDEKA.
Peristiwa demi peristiwa pergolakan dari para pejuang Indonesia dalam menentang penjajahan belanda ataupun jepang. Tidak terhitung korban harta benda atau nyawa.
Hingga akirnya kita berhasil meraih kemerdekaan….

Seiring berjalanya waktu, kita bangsa indonesia telah melupakan jasa-jasa para pahlawan kita.
Banyak diantara kita yang tdk hafal ketika disebutkan nama atau ditunjukan foto pahlawan, siapa mereka-mereka itu. Apalagi ditanya tentang sejarah dalam perjuanganya merebut kemerdekaan.
Lihat saja, anak-anak sekolah sekarang lebih hafal nama-nama artis penyanyi dan sinetron daripada nama pahlawan. Mereka juga lebih hafal lagu-lagu pop dari pada lagu-lagu perjuangan.
Banyak nama pahlawan terpampang menjadi nama-nama jalan yang populer. Seperti Jl. Martadinata, Tengku Umar, Gatot Subroto, Dr. Sutomo, dll. Tapi coba tanya orang-orang sekitar, itu nama-nama siapa? Sudah pasti banyak yang tdk tahu.
Sungguh ironis sekali dengan keadaan sekarang. Jk orang-orang ditanya siapa si A atau B yg seorang artis itu, banyak yang bisa menjelaskan dengan detail.
Kalau kita lihat kenyataan sekitar, kita akan lebih mengelus dada lagi. Banyak diaantara pahlawan yang dulu berjuang mati-matian sekarang hidupnya tersisihkan. Hidup dengan seadaanya. Mereka tdk diperhatikan oleh negara. Lingkungan sekitar juga cuek.
Ini saya lihat sendiri di tempat saya. Ada seorang mantan pejuang yang justru tersisihkan. Dimanakah letak jiwa heroik kita? Kita tentu harus bisa menghargai jasanya dengan tindakan nyata, bukan hanya berupa piagam. Mereka dulu berjuang dengan sungguh hati. Andai kita dulu dalam situasi saat itu, apa kita punya nyali seberani mereka? Ataukan kita hanya akan sembunyi dibawah kolong tempat tidur?
BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG BISA MENGHARGAI JASA PAHLAWANYA.

Sungguh komplek yang terjadi. Disatu sisi kita harus mengenal pahlawan-pahlawan kita. Disatu sisi pembelajaran untuk mengenalkan para pahlawan sangat dibatasi.
Lihat saja film-film dokumenter yang dimiliki ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia). Betapa susahnya mereka mengeluarkan atau meminjamkan untuk umum. Sekarang ini bahkan rasanya tdk mungkin. Ada teman saya pegawai perputakaan nasional yang mencoba meminjam, tetep tidak bisa.
Bagaimana generasi akan datang akan tahu sejarah bangsa ini jika bukti-bukti sejarah hanya disimpan didalam brankas ANRI.
Seharusnya pemerintah harus lebih bijak. Semisal menaruh film-film dokumenter di media online sehingga masyarakat indonesia bisa mengkases bebas. Jangan hanya pertimbangan itu film lama jadi nilai rupiahnya tinggi sehingga tdk bisa untuk konsumsi publik.
Sekarang ini yang banyak ditampilakan di media-media justru tayangan yang sama sekali tdk bermutu dan tidak mendidik. Seperti sinetron, dll. Yang secara perlahan sangat meracuni otak pemirsanya.
Sdh banyak bukti perilaku sebagian masyarakat kita sdh spt sinetron.
Contoh kecil, jaman saya SMP anak SMP berpacaran itu tabu dan sangat malu. Tetapi sekarang… bisa dilihat sendiri. Bahkan anak SD pun sdh cinta-cintaan, spt tayangan sinetron.

Terlepas dari itu semua, marilah kita dengan kesadaran kita memaknai kemerdekaan ini dengan perbuatan nyata semampu kita. Kita berbuat baik dan tidak merugikan orang lain atau lingkungan itu salah satunya. Semua bermula dari diri kita sendiri. Dari lingkungan terdekat kita.

Sekedar menyegarkan ingatan, mungkin diatara kita belum banyak tahu aslinya lagu indonesia raya. Lagu ini terdiri dari 3 (tiga bait) yang dicipkan oleh WR. Soepratman.
yang sering kita dengarkan di dalam upacara-upacara adalah bait bersama.
Berikut teks lagu Indonesia Raya yang asli, klik untuk perbesar:

Dan berikut adalah Video lagu Indonesia Raya Original, lengkap 3 bait.

*** Diperlukan quicktime untuk memutar videonya.
Mohon bersabar untuk loading, besar file 5 MB. Semua file hrs di upload dulu ke memory, baru bisa di play atau muncul gambarnya di layar diatas. Uploadnya otomatis ketika membuka halaman ini.

Tinggalkan Balasan

Silahkan Masukan jawaban pertanyaan ini, tulis dalam ANGKA saja *