Icom IC-2350H Modifikasi RX

Radio ini radio bagus. Dengan fitur dual frekwensi display, dual RX, Dual rotary dial, dual volume. Tapi menunya simple mudah dimengerti.
Untuk pindah dari frek A ke Frek B cukup menekan knop dial yang diinginkan.
Saya suka radio ini. Lebih mudah pengoperasianya daripada Alinco  DR-620 / DR-635 yang agak rumit perpindahan frekwensi dan tdk bisa Dual RX.

Spec waktu diterima:
Power: 50W VHF / 35W UHF
Frek: 136 – 174 Mhz dan 430-470 Mhz (TX/RX).

Nah saya pingin sedikit modifikasi radio ini. Terutama saya yang termasuk hobi monitoring jika sedang jenuh mengudara. Atau frek lagi krodit saling ngejam gak karuan….

Untuk modifikasi kita harus membuka logic board radio yang terletak di head panel.
Tidak terlalu rumit, dengan obeng saja sdh bisa. Tidak ada kabel flexible didalamnya, hanya soket saja dilepas, logic board sdh terlepas.
Untuk membuka VHF di 136 – 174 MHz kita harus mengjilangkan dioda D9.
Untuk membuka UHF 320 – 950 Mhz kita harus menghilangkan dioda D10.
Untuk membuka airband 118 – 136 Mhz kita harus menghilangkan Jumper Resistor.
Untuk membuat cross band repeat kita hilangkan D6.
Perlu diketahui, rangkaian board IC-2350 ada beberapa versi. USA, ITA, EUR, KOR, AUS, ASIA. Setiap versi komponen logic unitnya ada sedikit perbedaan jumlahnya.
Komponen dioda ini sangat kecil, lebih kecil dari semut hitam. terutama yang D10. jadi harus hati-hati sekali.
Saya beberpa kali bongkar pasang untuk ekperimen. Dipasang masih blm puas bongkar lagi. Sampai mata pedih krn kaca pembesar.

Yg blm saya pahami, ada komponen D12 dan D9 yang sdh dilepas sama pemilik lama. Untuk versi USA D12 ini aslinya tdk ada. Versi lain ada. Versi USA aslinya bisa RX airband.
Semula sempat saya pasang lagi D12. Gak ngaruh apa2, saya lepas lagi. Pikiran saya ini sama aja untuk membuka airband???

2 hari kelar. Korbanya anak saya. Megang solder panas, tanganya melepuh

hasilnya:
VHF : 118 – 174 Mhz
UHF : 320 – 950 Mhz.
Bisa cross band repeat.
Lumayanlah buat saya yang msh taraf coba-coba ini. Cukup puas menggunakan radio ini.
Sayang saya blm bisa menampilkan mode VHF – VHF dilayar. Selama ini masih mode VHF – UHF. Ada yang bisa bantu triknya?, please….. help me.

Sekarang bisa dengar pesawat terbang dan koordinasi kilang cilacap yg kebakar di 855 Mhz. Sayang trunking frekwensinya jadi hrs sedikit lari-lari.

KLIK FOTO UNTUK PERBESAR:



9 tanggapan pada “Icom IC-2350H Modifikasi RX”

  1. mbah sy punya icom 02a..kt temen rx tx nya isa dilebarkn jg dengan melepas dioda di pojok atas bagian board cpu..tk coba bnr isa mbah…bahkn tk scan turunkn mpe 100mhz aja isa.lha yg jd pertanyaan q itu bnr gk sih?atau cuman frekwensi palsu?krn sy mau cek gk punya alat lain..minimal pk scanner to..tk pake tx di 100mhz sinyal jg keluar tp gk yakin jg itu sinyal asli pa gk?

  2. @Om aswanto: benar itu om, sinyal asli.
    tp jangan TX dibawah 140.000. Antenanya gak mendukung.
    air band 118-135 kadang bisa ketangkep kalau pas modulasi kuat, krn airband mode AM.
    Coba standby di 120.900 apa bisa nangkep?

  3. kyne gk isa selebar itu deh mbah..tp gk tahu jg sih..tk kembalikn aja spt semula koq mbah..soal takut nanti kelupaan bikin fenel jepluk mlh sy tombok..mana ky ne fenelnya dh langka n kl ada harganya selangit…he he..

  4. Sy punya ic2350, band vhf-nya rusak gak bisa rx dan tx, angka freq di displaynya masih keliatan normal, cuman gak bisa rx dan tx. Band UHF masih normal seperti biasa. Sy sudah coba bawa ke bengkel di denpasar, tp gak ketemu masalahnya.
    Mohon bantuan adakah mbah tau masalah radio sy ini atau mungkin ada rekomendasi bengkel yang bisa atasi radio saya?

    Trim mbah!!!!

  5. Gak ada desis sama sekali, sepi. PTT dipencet juga gak ada pengaruh sama sekali alias diem aja.

  6. kemungkinan CPU nya itu om.
    harus diteliti lebih lanjut, jika emang CPU nya hrs cari kanibalan

Tinggalkan Balasan

Silahkan Masukan jawaban pertanyaan ini, tulis dalam ANGKA saja *