4 Cara Mudah Memindahkan Situs WordPress Ke Domain Yang Baru

Saya sempat kebingungan ketika akan memindahkan isi blog dari sub domain http://blog.telomoyo.com ke root www.telomoyo.com.
Berbagai cara saya lakukan. Mengikuti petunjuk dari wordpress juga sdh dilakukan, tp malah eror gak karuan.
Akirnya setelah search kemana2, nemu cara ini. Sangat sederhana saja ternyata, tdk sampai 30 menit semua isi wordpress saya sdh pindah.
Ini bisa dilakukan untuk satu domain atau beda domai  atau pindah hosting.

Peringatan: BACKUP! BACKUP! BACKUP! Pastikan Anda telah membackup core folder WordPress sebelum memulai langkah-langkah di bawah ini.

LANGKAH PERTAMA
Domain Lama:

  • Export WordPress Post. Anda bisa menemukan tombol Export pada menu Tools di WordPress dashboard Anda. Simpan file XML tersebut di hard drive karena Anda akan memerlukannya nanti.
  • Download wp-content Folder. Langkah ini memerlukan akses via FTP.  Simpan folder wp-content di hard drive untuk diupload nantinya di domain yang baru.  Di folder ini tersimpan semua plugins, themes, uploads (foto/images), favicon dan sebagainya.
  • Sub Domains dan Sub Directory. Ini tidak berlaku pada semua situs standar WordPress. Tapi bila Anda juga memiliki sub domain atau sub directory pada situs Anda, pastikan Anda simpan juga copy semua file yang tersimpan di situ.

LANGKAH KEDUA
Domain Baru:

  • Install WordPress pada Domain Baru. Ini bisa dilakukan secara manual atau melalui Fantastico jika Anda memiliki CPanel.
  • Upload wp-content Folder. Proses ini membutuhkan akses FTP. Ditimpa saja folder wp-content yang terbentuk dari fresh copy WordPress yang baru saja diinstall.
  • Import Semua WordPress Post. Tombol Import ada di menu Tools pada WordPress dashboard Anda.  Gunakan XML file yang sebelumnya Anda export dan simpan di hard drive.
  • Aktivasi Theme & Plugin. Buka Appearance dan Plugins tabs dan pastikan Anda menggunakan theme yang sama dan semua plugins diaktifkan sesuai dengan situs yang lama.
  • Update Settings Untuk Menyamakan Dengan Domain Lama. Update semua settings untuk menyamai domain lama, termasuk semua setting plugin yang baru saja di aktifkan.
  • Periksa Theme Yang Digunakan. Cek penampilan theme setelah semua plugin diaktifkan dan setting sudah sesuai dengan situs yang lama di lokasi domain yang baru. Test fungsi-fungsi yang ada, misalnya contact form, untuk memastikan semuanya berfungsi baik.
  • Upload dan Jalankan Update URL’s Plugin. Update URL’s WordPress plugin ini adalah WordPress plugin yang akan membantu masalah penyelarasan URL.  Sejumlah data yang tersimpan di halaman post kemungkinan masih menggunakan alamat domain lama. Sekali diaktifkan, cukup masukkan URL domain lama dan juga domain baru. Plugin ini akan melakukan update ke semua post yang lama dan mengupdate URL dengan domain yang baru hanya dalam beberapa detik. Catatan: Jangan mengupdate anchor text, cukup domain yang ada di dalam URL.
  • Ulangi Langkah-langkah Tersebut Untuk Sub Domain dan Sub Directory. Upload dan setup sub domain dan sub directory dengan menggunakan langkah-langkah yang sama.

LANGKAH KETIGA
Setelah semua proses selesai dan semua terlihat berfungsi baik, langkah berikutnya adalah melakukan pengecekan berikut:

  • Cek Broken Links. Untuk memastikan bahwa semua page dan post di situs Anda berfungsi dengan baik dan tidak terdapat individual file dengan 404 status code, gunakan situs 404checker.com untuk pengecekan. Situs ini akan memberikan informasi apabila ada broken links di situs Anda. Mengenai HTTP status code dapat juga Anda baca selengkapnya di halaman List of HTTP status codes.
  • Update Feedburner Feed. Anda harus mengupdate feed details pada Feedburner account dengan feed dari domain yang baru (misalnya: http://domainbaru.com/feed/).
  • Update Email Address. Jangan lupa untuk melakukan setup ulang email account Anda dengan alamat email pada domain baru. Misalnya dari manager@domainlama.com menjadi manager@domainbaru.com. Saya rekomendasikan menggunakan Google Apps untuk masalah email ini yang manfaatnya antara lain adalah adanya Gmail spam guards dan fitur-fitur Google lainnya.
  • Update Gravatar. Opsional, hanya apabila Anda menggunakan Gravatar.
  • Update Facebook Page, Twitter dan situs social network lainnya. Opsional, hanya apabila Anda menggunakan Facebook, Twitter dan sebagainya.

LANGKAH KEEMPAT

  • Setelah semuanya selesai, forward domain lama ke domain baru (301 redirect) melalui domain registrar Anda.  Biasanya proses tersebut hanya beberapa jam, tapi kadang kala juga bisa langsung berubah dalam waktu singkat, tergantung registrar Anda.
  • Jangan membuat pengumuman tentang alamat situs yang baru hingga masalah redirection ini selesai.
  • Biasanya dalam seminggu, Google dan semua search engine akan langsung tahu bahwa situs Anda menempati lokasi baru dan mengupdate semua informasi di mesin pencari mereka.

Sumber: http://mjeducation.co/4-langkah-mudah-pindah-situs-wordpress-ke-domain-yang-baru/

1 tanggapan pada “4 Cara Mudah Memindahkan Situs WordPress Ke Domain Yang Baru”

  1. Mas, web saya sebelumnya pakai blogspot. Sekarang pakai wordpress. Jadi banyak link dari permalink blogspot yang sekarang jd broken, cara mengatasinya gimana, mas? Thanks. 🙂

Tinggalkan Balasan

Silahkan Masukan jawaban pertanyaan ini, tulis dalam ANGKA saja *