Berita Duka

Red_Rose_flowersManusia berencana, namun Allah SWT jualah yang menentukan segalanya.
Begitu juga umur manusia, tiada satupun yang akan mengetahui sampai kapan hidup kita ini, bagaimana dan dimana kita akan meninggal juga tidak ada yang tahu.
Kami juga baru mengalami cobaan dari Allah SWT. Buah hati kami yang kedua blm lama ini sdh dipanggil Allah SWT.

Sedih? Tentu setiap orang tua akan sedih kehilangan buah hatinya. Namun kita tidak boleh meratapi berlarut-larut dalam kesedihan.
Kita harus dapat menerima kenyataan, dan ini semua sdh kehendak Allah SWT. Kita harus iklas lahir batin. Yang penting kita sdh berusaha semaksimal mungkin untuk hidup ini, keputusan hasilnya mutlak ditangan Allah SWT.

Yakinlah ini yang terbaik menurut Allah SWT. Dibalik semua ini pasti ada hikmah luar biasa.
Terbaik menurut kita belum tentu terbaik menurut Allah SWT.
Janganlah kita menyalahkan siapapun soal keadaan kita atau nasib kita, apalagi menyalahkan Allah SWT.
Janganlah kita berucap: ” Ya Allah, mengapa Engkau timpakan ujian yang berat ini kepada hamba….”.
Tapi marilah kita memohon:”Ya Allah, kuatkan lahir batin dan iman hamba dalam menghadapi setiap ujianmu, walau seberat apapun….”

Mohon doa kepada teman-teman semua atas anak kami yang bernama ALIF, yg telah mendahului kami.

Semoga Allah SWT memberi kita ampunan dan petunjuka jalan yang lurus. Semoga Allah SWT selalu meridhoi setiap langkah kita dimanapun berada. Amin….

13 tanggapan pada “Berita Duka”

  1. anda tak perlu menceritakan aib anda pada siapapun, sebagaimana Rasul saw bersabda : Semua ummatku dekat dengan maaf Allah swt, kecuali Mujahirin, yaitu yg berbuat dosa di malam hari (misalnya) lalu keesokan harinya Allah tutup aibnya, namun ia menceritakan pada temannya bahwa aku semalam berbuat ini, dan yg berbuat dosa dipagi hari (misalnya) lalu Allah swt sudah tutup aibnya itu agar tak diketahui orang, namun ia cerita pada teman temannya” (Shahih Bukhari).

  2. @mas arie: makasih mas….

    @Fannie: Maaf, menurut saya berita duka ini bukan aib dan saya disini juga tdk menceritakan aib-aib yang saya perbuat. Mohon dicermati lagi.
    Makasih

  3. Turut berduka, Mas. Allah memberikan ujian dan cobaan berbeda kepada setiap makhluknya dg tujuan agar hamba Nya lebih mendekatkan diri dengan Nya. Dan bagi saya ini bukan suatu aib. Menceritakan kembali bukan utk show off atau apapun namanya, tapi suatu cara untuk melepas kesedihan dan cara mengikhlaskan buat yabg berduka serta cara untuk mengingatkan sesama akan kekuasaan Allah SWT yang tanpa batas.

    Putera kedua sayapun meninggal Desember 2012 lalu setelah satu tahun lebih berjuang dengan penyakit otaknya. Sekarang tinggal bagaimana kita mengingatnya dg cara yang baik dan mencoba lebih bertawakkal lagi kepada Allah SWT. Tetap semangat, Mas ๐Ÿ˜€

    1. @ om joel: terimakasih om atas simpatinya. Betul menurut saya ini bukan aib. KAlau aib itu st menggugurkan, membunuh, dll perbuatan dosa.
      Turut berduka juga buat puteranya om. Semua sudah kehendak Allah SWT. Dan pasti ada hikmah besar dibaik ini.

  4. Semoga amal ibadahnya alamarhumah diterima di sisi Allah SWT, dan keluarga slalu diberikan kekuaatan dan ketabahan atas musibah ini…

  5. turut berduka cita mbah,sing sabar yo mbah, yakin bahwasaanya Allah SWT MEMPUNYAI MAKSUD LAIN YG JAUH LEBIH BAIK DAN SUATU HARI NANTI KT PASTI AKAN DIBERITAHU APA MAKSUD DARI MUSIBAH INI……. SEMOGA ARWAH ANANDA DITERIMA DAN DITEMPATKAN DITEMPAT YG TLH ALLAH JANJIKAN YAITU SYURGA AMIEN…AMIEN…AMIEN … YA RABBALALLAMIEN….. salam

  6. Fanie : Menuruutku itu bukan Aib (tapi Musibah),kamu aja sakit perut akan mengadu ke dokter…

    Makna takziah adalah menghibur, menyeru agar keluarga mayit sabar terhadap musibah.[1] Hukum takziah menurut hambali adalah sunnah secara mutlak.[2]

    Imam Syafiโ€™i mengatakan,โ€aku menyukai untuk bertakziah kepada keluarga mayit (yang baru ditinggal mati), dengan harapan akan mendapat pahala dari takziah itu dan menghibur mereka agar tabah menghadapi musibah. Dan boleh juga seorang muslim mentakziahi orang kristiani dan mendoakan (aโ€™zhomullahu ajroka wa akhlf anka) kemudian untuk orang kristian yang masih ada hubungan kerabat (aklfullahu alaika wa la naqs adaduka). Dan aku menyukai agar kerabat dekat mayit dan para tetangganya membuat makanan pada siang dan malam hari bagi keluarga mayit semampu mereka karena itu merupakan sunnah dan perbutan baik.[3]

    ุนูŽู†ู’ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽู†ู’ ุนูŽุฒู‘ูŽู‰ ู…ูุตูŽุงุจู‹ุง ููŽู„ูŽู‡ู ู…ูุซู’ู„ู ุฃูŽุฌู’ุฑูู‡ู

    dari abdillah, dari nabi r bersabda, โ€œbarangsiapa yang bertakziah (menghibur) orang yang terkena musibah (ditinggal mati) maka ia akan mendapat pahala seperti orang yang terkena musibah itu. (HR. At-Tirmidzi: 993)

    Dan syafiโ€™iah berpendapat bahwa makruh untuk bertakziah di atas hari ke tiga dari kematian. Karena itu akan meningingatkan mereka (keluarga mayit) akan kematian dan kembali membuat mereka bersedih.[4]

    ุนูŽู†ู’ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจู’ู†ู ุฌูŽุนู’ููŽุฑู ู‚ูŽุงู„ : ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุงุตู’ู†ูŽุนููˆุง ู„ูุขู„ู ุฌูŽุนู’ููŽุฑู ุทูŽุนูŽุงู…ู‹ุง ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุฏู’ ุฃูŽุชูŽุงู‡ูู…ู’ ุฃูŽู…ู’ุฑูŒ ุดูŽุบูŽู„ูŽู‡ูู…ู’

    Dari Abdullah bin jaโ€™far berkata, โ€œRasulullah r bersabda, โ€˜buatlah makanan untuk keluarga jaโ€™far, karena telah dating kepada mereka suatu perkara yang besar.โ€™โ€ (HR. Abu Daud: 2725)

    dimana rasa empatimu..

  7. turut berduka cita yang sedalam dalamnya, semoga almarhum diterima amal ibadahnya, dan yang ditinggalkan di beri ketabahan.amin.

Tinggalkan Balasan

Silahkan Masukan jawaban pertanyaan ini, tulis dalam ANGKA saja *