Giat CORE ORARI Lokal Gombong

CORE CORE adalah singakatan dari Comunication and Rescue.
Ini adalah bagian dari salah satu divisi ORARI, yang tugasnya memberikan dukungan komunikasi saat suatu peristiwa emergency terjadi.
Seperti kita ketahui, ORARI ini aktif turun dalam berbagai misi kemanusiaan baik dalam skala besar maupun dalam skala kecil.

Yang menarik dari CORE soal komunikasi adalah prinsip QRV, memancar dengan power sekecil mungkin dengan jangkauan semaksimal mungkin. Ini dilakukan karena berada di area emergency yang mungkin sumber daya alat sangat terbatas.

Salah satu kegiatan ORARI lokal Gombong dalam mendukung CORE adalah belum lama ini terlibat dalam giat kemanusiaan pencarian anak hilang yang hanyut di sungai. Bekerja sama dengan BNPB Kebumen (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dan beberapa elemen masyarakat lain.
Kronologinya adalah, tanggal 20 feb 2013 lima orang anak bermain di sungai, waktu itu cuaca tdk hujan. Namun di hulu hujan. Tdk lama kemudian terjadilah banjir. Tiga anak dinyakan hanyut.
Jam 19:00 baru ada berita dari rekan amatir lokal kebumen dan BNPB Kab Kebumen kepada ORARI Lokal gombong melalui salah satu anggotanya untuk verifikasi data.   Setelah valid, maka malam itu turun ke lapangan. Malam itu diketemukan dua anak yang kondisinya sdh meninggal dunia.
Kegiatan dilanjutkan pada pagi harinya krn kondisi lingkungan. Dan pada pagi harinya giat dilanjutkan, korban satunya diketemukan pada tengah hari.

Berikut beberapa foto penyusuran sungai ditempat bencana. Termasuk yang turun ke sungai adalah Om Nanung / Adi Cahyono (YC2DWH), pengurus ORARI Lokal Gombong.
Karena pertimbangan kemanusiaan, diputuskan tidak hanya memberikan dukungan komunikasi tetapi ikut aktif dalam rescuenya. Sambil kegiatan rescue disungai dengan kedalaman satu pusar sampai satu leher, dukungan komunikasi dengan BNPB, ORARI lokal gombong dan ORARI Lokal kebumen aktif dilakukan melalui RPU 146.660 yang memang sdh diputuskan untuk kegiatan bersama dalam kegiatan penanggulangan bencana.
Radio yang dipakai adalah Yaesu VX7R yang memang sdh teruji submersible, dibawa menyelam / terendam air tidak apa-apa.

Klik tulisan SHOW dibawah ini untuk melihat fotonya:

Show »

KLIK FOTO UNTUK PERBESAR:

kDSC02346  kDSC00102 kDSC02352 kDSC02354 kDSC02358 kDSC02362 kDSC02364 sungai 3 sungai sungai2 sungai4

2 tanggapan pada “Giat CORE ORARI Lokal Gombong”

  1. sedikit masukan OM Admin untuk artikel ini, kalo yang dimaksud dengan “…memancar dengan power sekecil mungkin….” pada paragraf kedua tsb diatas, dalam Q Code dikenal sebagai “QRP” bukan “QRV”
    trmksh.

  2. haha om agung detail juga

    Saya malah nga nangkap kegiatan sianak2 tersebut transmit signal sekecil apapun sam yang ditangkap oleh radio receiver.

Tinggalkan Balasan

Silahkan Masukan jawaban pertanyaan ini, tulis dalam ANGKA saja *