Meningkatkan Keamanan Facebook Untuk Mencegah Pembajakan Account

Facebook merupakan media sosial paling digemari saat ini. Dari berbagai kalangan menggunakan media ini, dari anak muda sampai pejabat tinggi.
Dari hanya sekedar untuk main-main sampai untuk urusan serius seperti bisnis, pribadi, dan lainya.

Namun dibalik itu, facebook sangat rawan akan resiko pembajakan. Terutama yang menggunakan kombinasi password mudah ditebak, sperti tanggal lahir, tempat lahir, nama pacar, dll. Ada juga pembajakan yang menggunakan aplikasi jahat.
Sudah banyak kasus pembajakan facebook. Si pembajak menggunakan account yg dibajak untuk bermacam-macam tujuan. Seperti untuk penipuan dg jualan baranf fiktif, meminta pulsa dengan cara chating, sampai posting yang bukan-bukan. Semua itu akan sangat merugikan kita, karena rekan-rekan kita tahunya kita yang posting.

Untuk itu kita harus lebih preventif. Jangan pernah instal aplikasi yang tidak terpercaya. Aplikasi tersebut banyak sekali, seperti:
– Aplikasi untuk mengintip siapa yang melihat profil kita
– Aplikasi untuk auto like
– Aplikasi untuk auto comment
– Aplikasi untuk melihat password orang lain
– Link-link video atau game lain
Jangan pernah instal aplikasi tersebut. Jika sudah terinstal, hapus semua aplikasi yang tdk relevan.

Tidak kalah pentingnya adalah melindungi account facebook kita dengan OTP (One Time Password). Cara ini untuk sementara merupakan cara paling ampuh melindungi account facebook kita.
Cara kerjanya adalah facebook akan mengirimkan sms berupa password random yang harus kita isikan di halaman facebook setelah kita memasukan password regular kita. Password ini akan dikirimkan jika jika login dari komputer yang belum pernah kita gunakan atau belum kita save browsernya. Jadi jika orang lain mengetahui password kita sekalipun, orang lain ini tetap tidak bisa masuk ke account kita karena dia tidak mengetahui password yang dikirimkan melalui sms dari FB. Password ini hanya berlaku 10 menit dan akan ganti-ganti terus.

a

 

Berikut langkah-langkan untuk mengaktifkan fitur keamanan extra FB (KLIK GAMBAR UNTUK PERBESAR) :

  • Buka menu pengaturan, caranya klik tanda panah kecil dikanan atas dan klik menu PENGATURAN
    1
  • Klik menu KEAMANAN2
  • Klik SUNTING pada masuk ke persetujuan facebook3
  • Akan ada pikihan perangkat yg kita gunakan. pilih LAINYA, jangan android / iphone. Krn jika kita ganti HP maka kode akan tetap dikirim dengan sms. Kalau android / iphone nanti kode akan dikirim melalui aplikasi yg kadang rumit.b
  • Masukan nomer HP yang kita gunakan, ingat nmr HP utama jangan nmr HP yang buang pakai.c
  • Kita akan segera mendapat nomer konfirmasi dari FB, masukan nmr tersebut segera setelah diterimad
  • Untuk mengaktifkan fitur keamanan, centang TIDAK, TERIMAKASIH, LANGSUNG AKTIFKAN KODE KEMANANe

Sampai disini anda sudah selesai untuk menyunting kemanan tambahan dari face book. Selamat FB anda lebih terlindungi.
Selanjutnya jika anda membuka browser dari tempat yang belum disimpan historynya, maka setelah kita memasukan password yang biasa kita gunakan, FB akan mengirimkan SMS One Time Password yang harus kita isikan spt dibawah ini.

f

Setelah anda masukan password yang dikirim melalui SMS, maka ada pilihan sperti dibawah:

h

WARNING:
Jika anda menggunakan komputer pribadi, maka pilihkan opsi SIMPAN BROWSER. Dengan opsi ini anda tidak akan diminta memasukan OTP lagi waktu login selanjutnya, hanya menggunakan password regular.
Jika anda menggunakan komputer umum spt di warnet, kantor atau punya orang lain, maka pilih opsi JANGAN SIMPAN. Dengan opsi ini maka setian akan masuk FB dg account anda, anda akan diminta memasukan OTP setelah password regular.
Jadi kesimpulanya jika ada orang lain yang mengetahui password regular kita, maka orang tersebut tetap tidak bisa masuk ke FB kita karerena dia tdk mengetahui OTP yang dikirim ke nmr HP kita. OTP ini berubah-ubah setiap login.
Jika anda menerima SMS OTP padahal anda tidak sedang berusaha masuk / login FB anda, berarti ada orang lain yang berusaha hack account anda. Tp tenang saja account anda tetap aman.

3 tanggapan pada “Meningkatkan Keamanan Facebook Untuk Mencegah Pembajakan Account”

Tinggalkan Balasan

Silahkan Masukan jawaban pertanyaan ini, tulis dalam ANGKA saja *