Tentang Saya

Andhi Wardhana, lahir di Boyolali . Masa kecil dihabiskan di sebuah dusun terpencil di pelosok Jawa Tengah.

Masa TK-SD-SMP di habiskan di desa ini. Masuk  SD di desa (1981 -1987)
Semasa SD ini boleh dibilang sebagai orang desa pelosok. Listrik belum ada.
Andhi kecil kalau ke sekolah tidak memakai sepatu, telanjang kaki. Melewati jalan berlumpur jika hujan diantara sawah-sawah. Sekolahanyapun seadanya. Ke sekolah hanya dapat uang saku Rp.5,- Waktu itu hanya dapat sepincuk bubur, yaitu bubur yang dimakan dengan alas daun pisang.

Lulus SD, melanjutkan ke SMPN 2 Ambarawa.
Sekolah naik colt, berangkat pagi-pagi sekali. Dan colt itupun selalu penuh. Uang saku Rp.300 sehari, yang Rp.200 buat ongkos naik colt PP dengan jarak kira-kira 15KM PP.
Di SMP tdk terlalu menunjukan kepandaian, masih rata-rata ke bawah.
Pelajaran yang paling dibenci adalah MENYANYI. Soalnya paling tidak bisa untuk menyanyi. Jika menyanyi pasti akan menjadi bahan tertawaan teman-teman. Selalu ketakutan jika ada pelajaran seni suara. Pernah dipukul guru gara-gara telat ikut upacara, bukan membandel.
Suasana desa masih sama, belum ada listrik. Satu kampung masih menggunakan rumah dari kayu, lantai tanah. Belum ada rumah permanen.

Selepas SMP, andhi melanjutkan sekolah di kota yogyakarta sambil masuk pesantren krapyak. Dan bersekolah di SMA PIRI 2 Yogyakarta.
Namun disini bandelnya baru mulai.
Tinggalnya dipesantren, tp ngajinya hanya awal-awal saja. Selanjutnya gak pernah mengaji. Selama kelas satu, pulang sekolah kerjanya main saja. Dan juga mulai membolos. Kadang berangkat sekolah jam 10 pagi gara-gara nonton TV dulu. Jika ada pelajaran ga disukai malah nongkrong di kantin. Paling parah adalah membolos sekolah hampir 3 bulan. Setelah 3 bulan, berangkat sekolah dengan was-was, untungnya masih diakui. Kalau soal membolos sehari atau seminggu itu sdh biasa.
Dan disini masih rajin kirim surat dengan pacarnya yang dikampung yg dari masa SMP.
Setelah naik kelas 2, sekolahnya sudah mulai rajin. Sudah jarang membolos sekolah. Dengan teman-temanya sdh dekat semua, termasuk para cewek-cewek. Krn sudah putus dengan ceweknya yang dikampung.
Banyak teman-teman cewek yang sepertinya naksir sama andhi (G-R mode ON).
Selama di SMA PIRI 2 masih tetap tinggal di pesantren krapyak. Banyak kesedihan dialami. Wesel telat datang itu sudah biasa. Gak bisa makan 3 hari sudah biasa. Dalam 3 hari itu andhi hanya minum air sumur langsung dan kadang makan buah belimbing wuluh yang kecutnya luar biasa. Terkadang jika ada sisa makanan temanya di piring yg sdh gak kemakan (ga habis), dimakanya diam-diam. Pokoknya nelongso, tp tidak pernah ada keluhan.
Menjelang kenaikan kelas, pas pelajaran bahasa jerman ada keributan. Sama guru, siapa yg berniat keluar kelas dipersilahkan. Andhi ikut keluar bersama teman lain, akirnya semua yang keluar gak naik kelas pada kelas 2 jurusan IPS.
DI SMA PIRI prestasinya sangat memprihatinkan, ranking 5 bawah.

Karena tidak naik kelas, maka pindah ke SMA Islam 1, tetapi masuk pada jurusan biologi.
Di SMA yang baru, perubahan sangat drastis. Sekolah sangat rajin. Di SMA lama terkesan kuper, disini sangat akrap dengan teman-teman. Berbeda 180 derajat dengan SMA lama. Berangkat sekolah sering ada teman yang jemput, pulangnya juga. Sering main bareng dengan teman-teman pada hari libur atau selepas pulang sekolah. Prestasi sekolahpun selalu unggul rangking 1 atau 2 selama kelas 2 dan 3. Sungguh perbedaan yang luar biasa. Mungkin lingkungan yang mempengaruhi hal ini.
Oh ya, selama di SMA Islam andhi tinggal di kawasan godean. Di rumah temanya. Terimakasih banyak kepada Bapak Musiran sekeluarga yang telah bersedia menampung andhi yang bandel.
Suasana selama sekolah di SMA Islam itulah yang terbaik yang andi rasakan. Termasuk keakraban dan persahabatan dengan teman-teman yang sampai kini masih terjalin, walau lewat media sosial. Beberapa foto masih tersimpan sebagai kenangan. Selama di sekolah SMA Islam, tidak pernah ada konflik yang terjadi dengan teman-teman. Yang ada kebersamaan ang begitu tinggi.
Thanks alot for my best friend: eko, gito, rahmad, agus, pitha, antin, wien, hasan, haidit, baryoto, nana, etc yang semua masih andhi ingat.

Selepas SMA, andhi melanjutkan ke Institut Sains & Tekhnologi “AKPRIND” yogkarta, mengambil jurusan Informatika.
Banyak cerita baru dan babak baru disini.
Awal kuliah andhi kost di daerah janti, ikut dengan temanya eko yang dikenal waktu daftar di akprind dulu. Tetapi eko akirnya memilih universitas lain. Dengan eko sampai sekarang masih terjalin komunikasi yang sangat bagus dan intens.
Tidak begitu banyak restasi pada awal kuliah, semua dijalani dengan wajar. Masuk kuliah juga dengan wajar, tidak pernah membolos. Uang saku pada semester satu adakah Rp.25.000 seminggu termasuk biaya kost.
Kuliah menggunakan bus. Disinilah mulai merasakan suasana kos yang sebenarnya. Dengan teman baru dan suasana baru. Di Janti sesama penghuni kost sangat solid, sering pergi bareng kemana2 naik sepeda atau bus. Dan beberapa kali melakukan pendakian gunung. Gunung yang pertama di daki adalah gunung lawu. Masih ada dokumentasinya.
Semester 3 andhi pindah ke demangan. Disini ibu kost sangat baik, bahkan jika dia masih punya anak cewek katanya akan dijodohkan. Mungkin karena kegantengan andhi kali hehehhehe.
Suasana masih normal, sering main ke teman-teman kampus dengan jalan kaki. Waktu itu sepeda motor blm sebanyak ini, satu kelas saja yang memakai kendaraan sendiri mngkin hanya 5%. Transportasi bus masih menjadi adalan.
Pada 1997 saat pergerakan reformasi andhi ikut aktif. Soal dikejar-kejar polisi waktu demo itu sudah biasa. Sampai puncaknya kerusuhan 1998. Beberapa kali hampir naas. Sampai bersembunyi dibawah kolong mobil segala waktu dikejar polisi. Suasana jogja saat itu sangat mencekam, namun tetap aktif keluar walau malam hari. Tidak kawatir dengan berita beberapa teman telah hilang.
Perjalanan selama kulaih hitam putih telah dilalui. Banyak pengaruh tidak baik dari teman2, untunglah andhi tidak sampai terpengaruh, cuma nyerempet dikitlah. Banyak pergaulan telah dilampaui. Bahkan ada satu keluarga yang anaknya cewek semua sudah menganggap andhi seperti anak sendiri. Pas andhi kecelakaan tidak bisa jalan sebulan, merekalah yang rajin mengantar makanan ke kost andhi. Thanks buat keluarga Bapak (alm) Krido sekeluarga.
Pada masa akir smester, pas skripsi ada tantangan untuk embuatkan beberapa software buat skripsi. Andhi terima saja tantangan itu, walau masih nol sama sekali dan tidak punya komputer. Namun dari sinilah justru menapatkan penghasilan. Dan kenal dengan seorang cewek teman sekelas yang minta dibuatkan skripsi. Satu kelas namun sebelumnya gak kenal, gak pernah saling menyapa.
Namun ternyata cewek ini menjadi pendamping andhi sekarang.

Lulus kuliah tahun 2000 andhi bekerja di semarang di perusahaan kontraktor dengan gaji 250.000 sebulan. Namun pada 2004 andhi pindah kerja ke jogja lagi sebagai IT di perususahaan export asing. Bekerja selama dua tahun, setelah itu pindah ke perusahaan orang korea.
Setelah itu ikut temanya ke pekanbaru dan bengkalis selama 3 tahun.

Sekarang andhi dirumah dengan usaha jual beli online. Dengan penghasilan yang pas-pasan, namun Alhamdulillah bisa buat makan keluarga. Bagi andhi kekayaan atau rasa cukup ada di hati, seberapa besar kita bisa mensyukuri nikmat yang Allah berikan. Bukan dari harta benda yang kita miliki. Jangan lupa, janganlah dunia ini diletakan di hati. Cukup dalam genggaman saja, jika dunia ini hilang maka kita tidak stress.

Perjalanan yang sangat indah bersama istri dan anak. Alahmdulillah mereka iklas menjalani suka duka. Pernah satu minggu tidak bisa makan, hanya makan nasi basi dg garam saja.
Pernah anak masuk RS mau keluar tidak bisa, karena tidak ada uang.
Apakah kami menyesal? Tidak, justru Alhamdulillah terimakasih kepada Allah SWT yang telah membuat seperti itu. Jadi sekarang faham akan betapa susahnya orang yg tdk bisa makan, dan sudah tidak kaget dengan berbagai kesusahan (kata orang itu kesusahan, tapi bagi kami itu nikmat).
Tidak cuma harta benda, dua orang anak kami sudah mendahului kami menghadap Allah SWT. Walau ada airmata namun kami iklas lahir batin. Semua hanya titipan. Selamat jalan Alif dan Mazna, sampai akir hayat juga tdk akan terlupa. Insya Allah nanti kami orang tua kalian juga pasti akan menyusul kalian.

Sekarang masih merangkak-rangkak dalam pencarian menuju cita-cita terbesar dalam hidup dunia ini. Bukan rumah mewah, mobil mewah, namun adalah jika tiba saatnya nanti berakir dalam khusnul khotimah…. amin….
Tidak mudah menuju cita-cita itu, ujian dan godaan nafsu dunia (nafsu yang jelek / tidak pada tempatnya) masih saja selalu menerpa…..

Hitam putih, baik buruk perjalanan ini telah andhi lalui. Nafsu-nafsu maksiat telah banyak dibuat dengan tertawa. Alhamdulillah Allah SWT masih menunjukan cahaya-Nya untuk mulai hidup yang lebih baik. Itulah bukti kecintaan Allah pada kita, masih dibuka pintu taubat selama nafas masih dibadan
Itulah biografi perjalanan andhi hingga kini, masih belum bisa menulis dengan baik. Akan diperbaiki dari masa ke masa.
Andhi yang di dunia online lebih dikenal dengan mbahpaijo, dibawah ini penampakan seperti apa seh mbahpaijo itu. Klik foto untuk full screen.
Be friend on Facebook: www.facebook.com/andhiwardhana
Twitter: @Andhiwar

Mbah Paijo

360 tanggapan pada “Tentang Saya”

  1. Hehehe… salam kenal buat Mbah Sastro. 8.5 dimana ne mbah, siapa tahu tetangga.. dilihat dari callsign JZ11xxx.
    Rogerrr… Ganti kembali…

    –mbah paijo

  2. 85 MERTOYUDAN MAGELANG MBAH, JOINT ME IN CALL FREQ. RAPI LOKAL MUNGKID 142.170 MHZ, OR GATEWAY RAPI NUSANTARA ROOM BOROBUDUR,TQ C.U…..

  3. Ya itu mas Toil… Yang pasang antena pada gak karuan. Itu baru satu blok, blm lainya.
    Besok dicoba ditertipkan… biar rapi…
    8.6 .. 8.1.3 Met malem mas…

  4. @Aksay…
    Iya neh belum pernah kesasar sampai jambi. Sdh bolak-balik pekanbaru – jogja tp blm pernah lewat jambi.
    Besok dah sekali-kali lewat…

  5. Mbah Paijo, liputan anda ttg frkwensi2 repeater sangat lengkap. Saya salut dgn perbendaharaan anda. Dan juga penilaian saya anda adalah penulis yg bersahaja tetapi handal. Karena apa?, tulisan anda tidak membosankan untuk dibaca semua kalangan. Salam persahabatan mbah,

    1. @Bro Frans… Thanks…
      Walah saya cuma belajar menulis. Belum pandai neh.
      Ngomong-ngomong soal frekwensi… saya lupa mau update. Ada tambahan dari RAPI Bogor.
      Untung anda mengingatkan…. Thanks banyak
      Salam…

  6. @ Om Shogun…
    Roger…. sdh sering ketemu diudara… tetangga lagi…
    Kok belum pernah ketemu darat ya…
    Mbok ya nanti kita sempatkan copy darat… roger… ganti….
    Pesawat aku ya langka saiki…

  7. Mas Andi (Mbah Paijo), kapan2 aku main ke tempat mas Andi di tunggu bae ya…..
    Sekalian mau lihat pesawate mbah paijo kayanya koleksinya buuuuaaaanyak tenan.
    ganti….ganti… roger.

  8. Salam kenal sebelumnya mbah Paijo, saya sangat terbantu dengan daftar frekwensi simbah, tapi saya dah lama nggak punya rakom, lagi mau nyari nih…. Boleh dong diulas tentang Kenwood th-79A dual band, kekurangan dan kelebihannya… kayaknya ht itu dah jadul tapi saya pingin cari sekennya barangkali masih ada, soale dulu pernah lihat punya temen tapi pas waktu itu saya dah punya yaesu vx1r yang bisa nguping kemana-mana. Dikarenakan ngedrop n beli batrenya mahal makanya saya tukar aja sama beras he.he.he

  9. korek geethu mas paijo
    dah andy, ketemu andi lg.
    yo wes,ra po2 neng kene jenengku beghi bahagia aja.
    bravo…trus 247


    beghi

  10. @ Bro ismuharyanto: Hehehhehe blm sempet nulis tentang TH79A. nanti saya review…

    @ Bro Beghi: Wewwww jenge podo tho…. Iki kang andi sing endi ya? Apa sing seka sukamulya?
    ya wis… sampe ketemu nang frekwensi….

  11. interupsi
    salam 51-55 Mbah Paijo (Andhi)

    wah ketemu konco lawas sak Almamater maneh SMA ISLAM 1 YOGYAKARTA, Salam sejahtera sehat selalu tentunya 10-2 bersama keluarga, aq di Godean Km 8,5 lor PolsekGOdean nek ke JOgja Pinarak nggih…..
    kl ada info IC-2200 kontak2

    okey….sampun nggih
    Muhari
    JZ12AVQ
    0274-7453819

  12. kenal aku harusnya, kita pernah kumpul dalam tahun yg sama……………… NAMAKU HERY PURNAMA,waktu SMA aku agak kemayu..makanya sering di olok bencong,… tp gw cowo tulen loh…. met kenal deh

  13. @Mas Muhari…
    lah iya saya sering ke jogja juga. Ke godean juga sering sekarang.
    Nanti tak mampir tempat panjenengan.
    Kalau ada info IC-2200H saya pasti kabari mas.

    @Mas Hery…
    mas hery SMA ISLAM 1 Juga?
    Saya dulu lulus tahun 1994 mas. Jurusan biologi 1.
    Sekarang dimana neh mas….

  14. mbah Sing komentar kok jarang sing wedok yo, padahal sing seneng ngebriiiik wedook’e yo okeh ??? rooggeer …!!!!

  15. @Lik Parmin: Iya ini Lik, apa cewek2 nya pada wedi weruh fotoku ya?
    Roger.. dilanjut… standby monitor..

  16. Selamat Pagi…….!!
    Mas Andhi Wardhana ( Mbah Paijo ).Salam Kenal Saya Supristiadi ( JZ 02 BYC / YD 6 KPJ )
    Region 02 / 06. Medan ( Sumatera Utara ) Kalau Di Udara Biasa Di Panggil Karyo Gumpil.
    Mas…Andhi Di Jogya Tepatnya Dimana….Karena Saya Sering Ke Jogya Di Daerah Mlati Wetan.

  17. @MAS Supristiadi…
    Lam kenal mas… horas bah… kata orang medan. saya dulu juga pernah di sumatera 3 tahun, cangkulan disana. Di Pekanbaru dan bengkalis.
    Mas Supri namnya kok kayak jawa “karyo”
    Saya jogja di utara monjali mas, di wilayah mlati. Utara hotel Hyatt pas ada jalan ke barat, nah masuk situ. Tengah2 yg tembusnya pasar mlati.
    Tp lebih sering di gombong – kebumen.
    nanti kalau mas supri ke jogja, bisa kontek2 ya

  18. Salam Kenal kembali Mas…Andhi. Saya Aslinya PuJaKeSuMa ( Putra Jawa Kelahiran Sumatera ). Ibu Saya Berasal Dari Purworejo.Mbagelen.Jawa Tengah. Kalau Bapak dari Sumatera Utara.Tetapi Untuk Saat Sekarang Ini Saya Cangkulan Di Pulau Batam. Kalau Lebih Sering Di Gombong – Kebumen……..Ke Jogyanya Kapan Mas………!!!!
    Hee….hee……heee……Jadi Penasaran Saya…….Salam…..51…..55…Cheriooooo…..

  19. @jiyoe: AKPRIND juga?
    jurusan apa bro?

    @mas supristiadi: Wewww saya dulu di bengkalis… ngebrik kadang sampe batam…
    OK 51-55

  20. salam kenal mbah paijo,saya seno orang Bagan Batu Riau panggil saya kang seno call sign;YD5YDM / JZ04EDQ semenjak di Jakarta sekarang dah gak pernah nge-break tapi setelah singgah di web site mbah Paijo jadi kayak bernostalgia lagi

  21. @kang seno….
    Terimakasih kunjuganya kan…
    Monggo di aktifkan lagi hobinya. Walau nskr dah jaman HP and chating, frekwensi radio tetap ramai kok…
    Saya juga jadi inget pekanbaru + bengkalis hehehehehhe

  22. weeh Buat pak lik Hery Purnama..aq skrang di Harrisma Buwana Jaya Jogja…kpn2 reunian po ro konco2…kontak2 wae 0274-7453819
    info aq ada brang ic2100, dr135T , booster elh260, dj196, dj596…..tek kotak es jeruk.he.h.e..saiki kerjo nang endi….friend?….

    salam 51-55

    Muhari
    muharihbj@yahoo.co.id

  23. @kang Hari…
    Wehh sudah jadi juragan pesawat sekarang dah jadi juragan pesawat ya.
    Pesen satu kang, yg special buat saya….

  24. @jiyoe: AKPRIND juga?
    jurusan apa bro?

    : jurusan teknik elektro bung….juniornya ne hehehe angk 2000 – 2005 …..gmana IC – T7A nya di lego berapa bung…..

  25. Mas…..Andhi…kalau saya ngebrik di Batam sering ketemu dengan JZ 04 FPS. Yaitu Bapak Panut Sugiarto Yang di Dumai. Hallo….Kang Seno : YD5YDM / JZ04EDQ.Bagan Batu Riau. Apa kabar Salam Kenal Dari Saya : JZ 02 BYC / YD 6 KPJ. Region 02 / 06. Medan Sumatera Utara. Namun Sekarang Cangkulan Di Pulau Batam. Mari…..kita ramaikan lagi frekwensi ngobrol di udara bebas pulsa, bebas abodemen dan tidak kena roaming…….Khan begitu yya….Mbah Paijo….( Mas…Andhi )……Kita Bernostalgia Di Udara……he…he…he

  26. Top mbah paijo, gw jg seneng banget di dunia informatika…
    Pengetahuan tentang rakom jg oke banget….
    Thx’s buat info2 nya….

  27. halo lam kenal mas andhi, saya syafrin dari medan. mo nanya nih ke mas andhi, saya punya ht motorola GP328, dpt batangan cm ht doang dari sodara saya. yang mo saya tanya :

    1. berapa harga chargernya? krn skrg tu ht mati, abis batre. trus gimana caranya ngecek batrenya masih ok ato gak?
    2. gimana setting frekwensi ato scan frekwensinya?
    3. bisa gak ht ini buat monitor frekwensi polisi ato bankom/satkom?
    4. mohon preview tentang ht ini secara rinci karena saya bingung dengan tombol2nya, maklum mas baru mo mulai hehehehehe

    segtu dulu deh yang mo saya tanya, mohon penjelasan soalnya saya awam banget soal ht dan dunia radio komunikasi. nah sekarang karena dapat lungsuran ht ( walopun batangan hehehehe ) jadi penasaran pengen tau. thx sebelumnya ya mas andhi. wassalam

  28. @Jiyoe: Satu angkatan dengan mochamad Ismail gak…? Yg skr di global TV
    @ Syafrin : Udah di jawab lwb YM… lbh jelas… hehehhehe thank you yah kunjunganya
    @ Pak Supristiadi: Dulu di bengkalis saya jarang nembak batam, malah seringnya masuk ke malaysia. Salam kenal juga pak… Roger-rogeran msh ramai.. perangkatnya ngalahi HP canggih.
    @ Mbah Wongso: Lah sampean isih enom juga tho mbah…..
    @ Anjar: Salam kenal juga bung. Dimana neh lokasinya?
    @ Pandjoel: Hehehehe informatika… dan ngebrik… bisa loh dipadukan…

  29. iya bung se angkatan….mlh br tau d global tv…bung cari pencerahan cari case box batery alinco dj v5 ada nga bung..punya saya ud gak bertahan lama…di jgy uda tanya2 belum dapet…ato batrenya sekalian… thanks…

  30. @Jiyoe: batre case kok gak bertahan lama? Yg gak bertahan lama batrenya atau kotaknya dah ancur?
    Kalau batrenya, ya tinggal di belikan batre rechargerable minimal 2100mA.
    Kalau yg rusak kotaknya, bisa diakalin dengan solder ulang.

    Itu dicari ismail….

  31. batrenya bawanyya ud drop rencana cari yang case box bisa dibuka itu lh bung..liat d manual book nya ada ..tapi cari2 ga dapet ud muter muter dari toko mamamia ,slamet .ampe jasacom di jl paris ga dapet2 ….nanti sasa coba ganti pake batre rechargerable

    @ ismail : halo bung…satu almamater lupa heheheh… viva la ISTA

  32. @toil : jenenge heri sukowati…tapi nek neng kampus sering di celuk “petuk” broo…tri kos belakans istiper bro..dulu sering mainya ama tami ..rf an juga bro…

  33. Jenenge mbah PAIJEM, kok piyayine ora koyo mbah-mbah yo? salam tempel kembali dari jogja. Kapan V7 jadi di culke mbah?…..

  34. @Dalijo… wehehehehhehehe… simbah paijo ya koyo kuwi.
    Ini siapa ya? Apa yg ketemu di BRI itu? Kalau iya… saya msh penasaran karo sampean hehehhe.
    VX7R ada trouble…
    Kemarin juga beli VX3R baru 3 hari ada trouble juga, gak bisa TX. Padahal beli new dari versakom… waduh…..

  35. @Dalijo: hehehehe itu foto waktu masih muda dulu. Ini 71 atau 61 bukan ya?
    @mamik: salam kenal juga boss. mataramnya mana. dulu ada beberapa teman dari sana
    @Rahmad: hehehehehe itu kayak perkebunan antena ya
    @hartono: Waduh saya gak tahu pasaranya pak. kalau ada yg murah saya juga mau neh…

  36. Untuk set crossband coba cara ini:
    Set VHF and UHF frekwency,
    turn tone squelch on,
    turn lock function on,
    turn off the transceiver,
    push [SQL], [MAIN] and [BAND] keys and turn power on.

  37. mbah ..minta ..wejangan donk
    saya punya ht motorola gp 2000 mau memperluas jangkauan komunikasinya karena saat ini hanya mengandalkan antena asli jaraknya sangat tdk memuaskan.
    kalo sudi kirannya kasih info alat apa saja yang harus saya siapkan [yg murah meriah aja] untuk jangkauan +/- 10 kg meter.

    terima kasih

  38. @Apap: Untuk menambah jangakaun HT dengan cara mengganti antena dengan antena luar. Kalau pakai antena bawaanya emang dijamin tdk akan jauh, kecuali pakai repreater.
    Silahkan pasang antena luar spt telex, ring-o, husler, dll.
    Harganya ada yang murah. Ditempat saya harga telex sekitar 90rb. Kabel RG58 sekitar 4rb, RG8 sekitar 10rb.
    Cuma diperlukan antena dan kabel saja.
    Ops jangan lupa jika pakai antena luar harus di SWR. Sesuaikan dengan frekwensi TX antenanya. Jika tdk di SWR maka IC Final akan cepat jebol.
    Sptnya untuk antena dah ada di tulis sendiri loh…

    Tq… Salam kenal

  39. @ Om Hartono….
    Lam kenal juga Om… Posisi dimana neh…
    Harga IC-2410H kurang copy ya, blm pernah punya. Tp di bekas.com ada yg jual tuh…
    Coba nanti saya cari tahu pasaran di darat. Tak tanya ke rekan2 disini. Perkiraan saya di 1 jutaan. Tdk lebih dari 1,4,,,

    Thanks telah mampir om….

  40. salam kenal pak Wardhana.. saya ingin bertanya.. ouput dari modulator FSK bisa ngga ya dihubungkan ke Walkie Talkie 4 transistors ? mohon bantuannya pak.. untuk tugas akhir saya. ^^ terima kasih pak.

    salam,
    rony
    teknik elektro
    prodi. mekatronika
    Politeknik Caltex Riau

  41. Salam kenal juga Mas Agung….
    Situs sampean bagus banget, saya sering buka juga situs mawarbiru.net

    Sukses juga….

  42. Salam kenal juga mas Ipal…
    Sukses untuk DBS nya yach….

    Sementara ini yg jalanin DBS istri saya… krn saya skr di pulau kecil di sumatra…

  43. halo mas.
    ini saya dari medan……
    saya da tembus pandang dan cukup mudah di 86 kan…
    saya dimedan juga tergolong pemegang Ht termuda karna baru 14 taon…

  44. Halo mas Handi….
    Gmn kabar medan…
    Weh baru 14 tahun yach…. yang bener?
    Selamat dah, dari muda sdh menggeluti hobi ini. Tar bisa jadi amatir sejati….

  45. jangan di 87kan mas, masi ambon muda..
    hahaha….
    kalo di demak medan sangat bandung…
    86……

  46. salam kagem mbah jio dan rekan2 banyubiru…. sehat selalu…. dan tak lupa lagi sama bpk hari sragen yg selalu setia dengan rekan2 banyubiru…. tangerang

  47. Terima kasih yg tidak terkira utk tulisannya di Kaskus…3-6 bulan kemarin sy termotivasi utk beli HT krn hobby mendaki sbg peralatan yg harus dimiliki…&selalu tidak jadi membeli…krn ga punya uang, batal dll…hingga saat ini. Tapi stlh membaca tulisan panjenengan rasanya…hasrat terpendam itu menjadi lebih bijak & serasa telah membeli banyak barang…tinggal membeli yg bener2 sesuai kebutuhan& ada uangnya…skali lagi terima kasih banyak 1000x

  48. mas mbah,

    berikut saya kirimin beberapa poto untuk radio tuner pada pesawat besar dan kecil, silahkan dilihat radio yang ada pada pesawat besar boeing…

    747

    MD11

    ATR

  49. Salam kenal mas ,saya mau tanya soal merubah frekwensi ke wideband ,bagaimana caranya tampa membuka kesing ht ,ht saya suicom ct 08 .hp 085263617458

  50. @Eka… Salam buat rekan-rekan banyubiru yang di tangerang. Banyubirunya mana neh.. saya jadi kangen untuk pulang ke banyubiru. Skr saya di pulau luar wilayah sumatra. Tp msh KTP banyubiru.

    @Budi… Sangat asik mas mendaki bawa HT. Saya dari puncak mahameru bisa kontak cilacap, bayangkan betapa jauhnya. Kita dapat komunikasi dengan teman dari manapun, apalagi ke sesama pendaki yang beda gunung. Wooww rasanya luar biasa berbagi suasana di lain tempat.
    Selamat memilih….

    @ Zaerul… HT suicom tdk bisa di modif jadi wideband. Kalau dia VHF ya VHF saja. Kalau UHF saja. Dengan cara apapun tdk bisa di modif krn hardwarenya tdk mendukung.
    Kalau mau dualband saya ada DJ596 spt baru…

  51. salam sejahtera mbah…
    gimana kabar nie…
    hahahahhaa
    1 tahun g buka thread….
    udah 500an halaman…..

  52. Mbah Paijo yang guanteng, Kenalkan saya Pak Sujana, Saya dari BALI pengin banget bisa ngebreak dari PC. Namun saya mohon nanti dapat dipandu kalau ada kendala2.

    Terima kasih Mbah….

  53. @Pak sujana…..
    Monggo kita bareng2 belajar ngebrik dari PC. Silahkan di download dulu, panduanya ada di bagian lain blog ini.
    Tar bisa YM-YM man… heheheheh YM saya: simbah.paijo

    Maturnuwun alias terimaksih…
    Ps. Salam buat turis2 yang sexy (welah simbah2 cari turis hahahaha)

  54. 86 lupa mbah kemarin sebelum berangkat ke luar kita briek di gombong anggota satuan pengaman telkom gombong hehehhehe 815 gombong sore selalu di guyur hujan hehehe semoga sukses selalu buat mbah

  55. @Sukro…… woooooo… baru inget saya saya… sampean tho… yang sampai tengah malam ngebrik dengan saya…
    Ya… gmn kabarnya… sdh ada pesawat di rumah?
    Waduh 815 menangis trs ya di gombong.. disini puanasss tiada pernah ada hujan..
    Sukses juga buat sampean.
    8.1.3 met siang…

    @Om shogun… Saya bukan di kalimantan om. Tapi di pesisir timur sumatra.
    Disini malas ngebrik, komunitasnya itu2 saja. Rencana mau cari pengarah dulu, atau HF sekalian…
    Biar bisa jauh…

  56. UDAH DAPAT TAPI CUMA PESAWAT HT JADUL 0.2 N,PANAS KUDU NGAGO AC TERUS,HEHEHEHE OM BUKA TETANG BIKIN ANTENA SENDIRI/TAMBAHAN ATAU MODIFIKASIAN ANTENA SENDIRI TELECK/RING-O BIAR TAMBAH TREN OM HEHEHEH 813 MASUKAN AJA OM

  57. mbah, mumpung anda di bengkalis dan deket ama malaka malaysia, sekalian dunk buat cari2 HF gitu,sapa tau di malaka sana jauh lebih murah dibanding di jawa sini, sekalian minta info radio CB di malaka yah mbah…..
    ppiiissss…..

  58. @Mas Bobby: OK mas… tar kalau ada waktu tak nyebrang ke malaka. Lah dari sini pakai speed tiketnya cuma 150rb aja sdh sampai negeri jiran.
    Ne skr juga suka monitor 2 meteran dari malaka… Tp bahsanya kadang yg saya kurang ngerti.
    Weh msh suka CB tho…..
    Mas Booby ne sapa ya, apa yg di solo itu bukan.

  59. kalu mo bikin repeater buat sendiri ada referensinya gak om.
    kebetulan tempat kerja baru butuh nih.thx

  60. salam kenal mas paijo ,saya pernah baca cara merubah freqwensi tampa membuka casingnya ,bagaimana caranya menurunkan freq dari 135mgh ke 110mgh maksudnya kebawah.trims

  61. saya dulu punya ht icom ic 2sat tapi kena petir .bisangak diperbaiki mas, soalnya freqnya bisa monitor percakapan pilot, dj 596 itu berapa rp nya mas.

  62. @Bonie: waduh saya blm ada referensinya tuh… ne lagi di luar jawa.. jd info jg terbatas

    @Mas zairul: Buka frekwensi tanpa membuka casing radio apa ya? VX3R kah? Kalau VX3 cukup dengan kombinasi menu saja. Sdh bisa dibuka 110-575 Mhz TX. Radio lain juga bisa, spt W31A, T7A, dll.
    2SAT, kalau kena petir biasanya agak parah. Untuk pebaikan hrs dilihat dulu yang kena bagian mananya…
    Kalau terawangan hehehehehhe sulit bro..

  63. guwanteng mbah, backgroundnya belantara antenna,
    salam sejahtera, sehat selalu dan panjang umur.

    when all else fails
    HAM radio

    All the best,

  64. betul mbah pai, saya bobby yg dari solo ato YM bye_setiadi. saya pernah kontek2an sama rekan malaysia via radio CB dapat info klo rekan2 malaysia cari radio HF di singapore, murah2 dan komplit gitu mbah. yo sapa tahu jodoh mbah bisa dapet HF murah. coba freq nya di browsing dulu sapa tahu bisa kontek sama rekan singapore trus jadi ‘partner’ hehehehe

  65. mbah paijo…
    salam kenal, saya gito asli purwokerto
    saya mau minto tolong kasih penjelasan soal gateway e1025 bisa tolong jelasin segamblang gamblangnnya, maklum saya baru di dunia radio, pngin nyobain gateway pake ht saya masig bingungnya pas di rangkaian tambahan yang dari radio ke komputer yang

    mohon penjelasan mbah

    matur sembah nuhun
    gito

  66. @Mas Gito: Salam kenal juga….
    Kalau hanya mau gabung dan bicara saja, gak pakai HT bisa kok.
    Langsung saja instal programnya, masuk ke room. Untuk PTT bisa tekan tombol PTT dengan mouse.

    Untuk lebih jelasnya silahkan krm email ke andhi@telomoyo.com

  67. @Mas Gito: Salam kenal juga….
    Kalau hanya mau gabung dan bicara saja, gak pakai HT bisa kok.
    Langsung saja instal programnya, masuk ke room. Untuk PTT bisa tekan tombol PTT dengan mouse.

    Bukan Mbah Paijo…..
    saya pingin coba ngelink dengan menggunakan HT saya bingung di rangkaian tambahannya yang bagian atas.
    kl yang bagian masuk ke soundcard mungkin agak paham tapi rangkain yang bagian atas itu gimana…….
    mohon penjelasannya

    matur sembah nuwun
    Gito
    mr.gito@gmail.com

  68. @Eko Bolot: Lah kowe tho… wong sukodono ya. Saiki msh nang jkt?
    @Om Gito: Sory email blm dibalas. Internet saya eror dah beberapa hari.. saya carikan bahan kajianya dulu Om, krn saya juga blm praktek.
    @Om Joko: Muantappp abis motornya…. Saya pingin spt itu, tp hanya dlm angan aja…..
    @Om Odi: Salam sukses kembali…. seting yg gmn mahsudnya boss? Di manualnya ada?

  69. masuk gateway orari sampean harus daftar dulu di orari.
    nanti dapat passwordnya.
    Beda dengan RAPI yang kita bisa langsung join,

  70. Mas Paijo, ada ngga yg jual rangkaian untuk RF gate way yg sudah jadi ( siap pakai ) untuk connection ke Laptop.
    Thanks.

  71. Mas ….salam kenal…..
    saya INDRA
    Mas saya mohon pencerahan……mengenai unit TM271 dengan IC2200 kalau untuk pemula lebih baik yang mana??????….selain harga untuk kualitas unitnya sendiri lebih baik yg mana……ada rencana akan saya install di VW KOMBI saya….trim’s atas pencerahannya

  72. @mas Indra: saya Pribadi (sekali lagi PRIBADI) lebih suka IC-2200.
    Dilihat performancenya juga jauh lebih bagus IC2200.
    Range frekwensi lebar IC2200 (bisa nangkep frek pesawat terbang).
    Juga ada Low power 5/10 watt. TM271 level power hanya 25/65watt saja. Boros energi jk hanya lokalan apalagi untuk di mobil.

  73. ternyata mbah paijo kelahiran boyolali.. sama dengan saya kalo begitu.. ktp saya aja masih boyolali.. malahan plat nomer motor saya juga AD xxxx xD hehehhe..
    sukses selalu ya mbah..

    thanks,
    riptanto

  74. Mbak Paijo..or Mas Andy, saya cuman seneng liat gambar gunung telomoyo..kan saya tinggal di jln menuju ke sukodono..mungkin kalo inget yah turunan jembatan setelah dari nggaron sebelum ggilang…mungkin sampeyan kenal Pak Rohani, Pak Budiyono..lah kae pak lik2ku…

  75. @Erna: Wewww… ternyata tetangga juga yach. Yup saya kenal dg beliau. Dulu ada teman SMP di garon. Namanya abidin orang garon. Dan Edi depan warung pak edi dekat dokter itu.

    @Riptanto: weleh.. boyolalinya mana neh

  76. sampai sekarang belum bisa ngoceh digateway, krn mic nya gak respon. jd sinyal gak ada waktu saya kontek kontek, tapi saya bisa dengar, rekan yang menghubungi saya, bgt sy mbales g bisa. yok opo mas ngatasinya, mtr swn.

  77. Om Putu, mic nya mungkin yang bermasalah tuh.
    Tombol VOX di nonaktifkan aja, tdk usah di centang. Kalau mau ngomong tekan tombol PTT sampai semua user di blok jadi biru baru ngomong.
    Sensitif volume mic jangan terlalu penuh, isi setengah aja. Itu uang di sebelah kanan volume VOX.
    Coba tar kapan2 chat dengan saya untuk test nya. Dg YM yach = simbah.paijo

  78. Mbah…salam perdana,saya orang yogya…baru ajaran nge-brik nii…,mbah punya antena diamond CP22E..?

  79. mbah,untuk antene selain diamon cp22E,yang frekuensi lebar tapi lumayan mancar,apa ya?trs beli dmna?ada toko online yang terpercaya untuk beli antene tsb?mohon dijawab boss…terimakasih…sukses tuk lapaknya mbah…

  80. Mbah Paijo… Salam kenal
    baru 2 tahunan ini saya ngikutin di DF maupun di kaskus.. mantab deh ilmunya Mbah… Banyak yg bisa saya dapat, krn saya baru di monitoring frek.
    Baca ulasan mbah tentang VX7RB, jadi pengen punya itu.. sekarang masih pake FT60R.. OK Sukses selalu…

  81. Om giri, thanks kunjunganya.
    FT60R bagus juga kok, saya pernah punya.
    VX7RB skr harga baru 3,6 juta.
    VX8R harga baru 4,3 juta
    Silahkan pilih2

  82. OOO ternyata tangga dewek……inyok asline Mirit..Kbm. ning saiki nang lampung. Salam 51.55 mbah……Hidup TELOMOYO n GOMBONG…..

  83. maaf mbah paijo,bisa minta tolong informasi duplex polres sleman dan poltabes yka mbah?saya sering menjumpai untuk orang yang usil di tengah di jalan mbah terimakasih mbah,harap re post di e-mail saya (formyaccretia@yahoo.co.id)

  84. makasih mbah….atas petunjuk dan pesan2 di kask**….ttg HT buat sy yg nubi ini….
    akan saya amalkan…biar pemakai HT tambah tertib di lingkungan saya….salammmm

  85. Mas….
    Saya tertarik dengan HT ICOM IC-2N, tp saya tidak tahu hrs menghubungi kemana utk bertanya dan penawaran….mohon diberi petunjuk.

  86. makasih yo mbah paijo banyak elmu yang saya dapet dari blog ini… mudah-mudahan kita bisa ngebrik bersama… saya ada di lokal babakan madang nun jauh di sana….

  87. salam…
    om… ada yg punya kabel rg8 seken ga ya, sekitar 20-25 meter ja
    makasih sebelumnya

  88. Saya baru dapat ht motorola GP2000(di kasih ama teman).tapi manual booknya udah tidak ada.yg mau saya tanyakan,gimana cara merubah tampilan di layar yg berupa CH 001 Ke tampilan frekuensi? Serta setting frekuensi simplex duplex.tanks sblumnya.

  89. @Mas budi… saya blm pernah punya GP2000. Jadi saya ini juga baru nanya2 juga ke teman2. Sama saya jg blm dapat jawaban…. jadi saya juga blm bisa jawab….

    Barusan saya kontak teman lagi, mungkin sore ini dia kasih jawaban. Hrs dilihat buku dulu katanya…
    Mohon pengertianya, terimakasih.

  90. Antena analyzer MFJ-269 masih ada mas? Kondisi bagaimana dan harga berapa? kalau masih ada tolong fotonya di kirim ke emailku ya…

  91. mbah,kasih pencerahan setting ht motorola gp 2000 dong
    step by step ya biar ngerti gitu,maklum pemula mbah !

  92. Mohon maaf saya blm begitu faham soal GP2000.
    Ini juga baru cari refensi dari teman2 yang sdh menggunakanya.
    Tp blm ada jawaban, mungkin karena kesibukan beliau2.

  93. @Mas Budiansyah…
    Coba HT diset ke dealer configuration dulu
    – Matikan Radio
    – Tekan PTT, tombol monitor, tombol + bersamaan, lalu tekan tombol power
    – LCD tertulis PRO-CLR
    – Tekan PTTuntk konfirmasi, tekan tombol lain utk batal
    – Matikan radio…
    Skr radio berada di dealer configuration
    Coba hidupkan…

    Masuk ke menu PROGRAMING RADIO
    Tekan dan tahan tombol MON, lalu hidupkan radio.
    Akan terdengar bunyi dering
    Tanda RW dan kotak akan tampil
    Untuk mematikan programing mode, matikan radio.

    Mengakses Parameter PROGRAMING MODE
    – Gunakan tombol – (minus) sampai muncul frekwensi
    – tekan PTT

  94. Mbah Paijo, salam kenal. Selamat Idul Fitri ya. Tanya apa ada ulasan ICOM 7000 ? Gimana caranya pake antena luar ( di rumah) yang bukan ti[e dipole buat ICOM 7000 tapi bisa RX atau TX yang jelas terbaca gitu… thx

  95. Malem Mbah Paijo,
    mohon infonya: saya punya VX3R dan antena suicom,nah karena konektornya sama2 jantan, apakah ada jointer/sambungan buat masang antena suicom ke VX3R saya???????

    satu lagi mbah,
    saya ingin VX saya bisa bekerja dr 142mhz-148 mhz ( di dumai frekw PLN dan Polisi di 170 dan 172mhz),,,,antena apa yg cocok mbah??? kalau bisa yg kayak lidi, panjang sekitar 15 cm.

    matur nuwun mbah,,,,maaf ya nanyanya banyak banget
    salam dari dumai.

  96. @Om ganef….
    Kalau saya pilih 2200. Karena ada airband / pesawat terbang frekwensi.
    Kalau powernya lebih gede 2900R.
    Secara harga lebih mahal 2200 sekarang.
    2200 = 1,5 juta
    2900 = 1,4 juta
    new

  97. @Om martadi, ada om.
    Saya pernah punya. Tp dimansa saya letakan lupa.
    Di ebay banyak yang jual om. Tp tar bentuknya agak anah dengan konektor M-SMA tp F-SMA.

    Untuk antena coba pakai SRH-775. Antena ini bentuknya telescopic.
    Ini lebih bagus dari SR-72 atau comet.
    Weh di dumai tho, saya dulu sering ke dumai. Trs nyebrang pulau rupat.
    Di dumai frekwensi kapal ramai tuh.
    kalau dipantai bisa RX malaysia dan singapura di 850 Mhz. Dengan antena bawaanya saja dapat banyak banget.
    Hehehehhe dulu saya di bengkalis, lumayan lama.

  98. mbah, saya scanning iseng2 maw denger freq penerbangan kok kagak ketemu yah… saya posisi disemarang, harusnya scan dimana mbah, saya pake rig icom 2200H sesuai saran mbah… Terima kasih sebelumnya… mohon bantuannya…

  99. Untuk penerbangan di 118-136.
    Semarang frekwensi – haduh lupa.
    Kalau jakarta di 120.900
    Frekwensi jakarta ini bisa di monitor dari mana saja dan ramai sekali. Saya dari ambarawa, gombong, jogja bisa monitor dengan jelas (airplanenya).
    Coba standby di frekwensi ini (120.900)

    Untuk jogja 123.400
    Ada lagi 120.300

    scaning mode AM

  100. Mbah, saya nyoba masukkan frekwensi di dr135 waktu ptt di
    Ditekan kok frekwensinya beda ya? Jadi rx da tx nya gak sama
    Gimana sih mbah cara masuk kan frekwensinya kok jd bingung
    Nih?

  101. Itu berarti DUPLEX nya aktif.
    Perhatikan dilayar, pasti ada tanda – atau +.
    Coba hilangkan duplexnya, tekan FUNC trs tekan MHz sampai tanda – atau + hilang.

  102. salam mbah….

    matur nuwun atas pencerahannya mbah, jadi nambah banyak ilmu + ingat nostalgia waktu edan ngebreak ( fm + HT ) di tanggeran, sruweng – kebumen .tahun 94 – 99 an.

    sekarang mulai kambuh lagi mbah… di 2 mtran/RAPI…( JZ 09 …)

    sekali lagi mtr nuwun …salam 51 – 55.

  103. Om Adi… wah ini veteran 2 meter tho.
    Kapan balik ke sruweng… saya bisa main ke 8.5 nya, biar nambah ilmu dari om adi…
    marurnuwun
    51-55

  104. mbah mohon ijin tanya, saya pengin memiliki HT bingung milih antara Icom V80, Icom 92AD, dan motorola 338 mana fiturnya yg paling ok, terima kasih

  105. wah kalau SAYA PRIBADI jelas sangat memilih 92AD tho. Harga barunya aja hampir 5jt.
    Dibanding V80… ya sangat amat jauhhh……
    Fitur 92AD, frekwensi wideband, anti air, dll… lengkap.

    Kalau GP338 emang mahal juga. Tp HT ini single band VHF saja atau UHF saja.
    Ini HT utk aktivitas bisnis jadi mahal. Fitur standar bisnis…

  106. mz q ni gaptek bener masalah ht dan temen2nya. nah aku baru beli ht YAESU VX-7R dan gak tau cara makainya dan gak tau cara nyetingnya.
    mohon saya dibantu dengan lengkap dan mudah dimengerti.
    terimakasih

  107. mohon maaf saya belum pernah pakai VEV3288.
    JAdi belum tahu cara settingnya.

    Yang dimahsud input itu apa ya? Kalau input frekwensi kan tinggal dimasukan daru keypad saja, ata scaning.
    Kalau input RPU saya blm tahu.

  108. Sore mbah,

    mhn pencerahannya, aku dapat ex inventaris dr rekan 4 bh dj 195 , 2 fungsi normal,2 mati total trus baca manual/service nya njlimet banget, biasanya komponen/penyakitnya apa mbah……..

    mtr nuwun

  109. Waduh kalau matot banyak kemungkinan.
    Bisa karena konslet atau apa.
    Biasanya DJ-195 penyakitnya mudah sekali budeg.
    Kalau budeg IC-kristalnya hrs diganti.
    Sdh beberapa kali saya menemui DJ-195 masuk bengkel gara-gara budek.

  110. mohon pencerahan………….mbah mo tanya kalo motorolla v 68 sekarang pasaran nya brapa ya second………..pingin cari…..dulu disalatiga pernah pake bentar trus tak jual………mohon info ya mbah…….

  111. mbah, mau tanya masih jual freq counter ga??? boleh order satu donk kalau punya freq counter portable yg mudah peng-operasiannya… thanks ya mbah…

  112. Freq counter habiss….
    Bisa order dari ebay,,
    atau ini ada scanner radio shack pro-137.
    Frek 29 – 1300 Mhz (with gap).
    Ada signal stalker / close capture. Ini sama dengan freq counter tp lebih canggih. Bisa simpan frek juga (yg kedeteksi sama signal stalker).
    email aja ke info@telomoyo.com

  113. Mbah, apakah sudah pernah review weierwei vev3288D
    NEWBIE BANGET, butuh pencerahan, itu HT bisa VHF dan UHF ndak sih ? karena speknya tertulis :
    Jangkauan Frekwensi 134-176 MHz 350-390 MHz 400-480MHz

    Matur nuwun

  114. Blm pernah pakai itu.
    Tapi yang jelas jangan terkecoh. Itu bukan dual band.
    Frekwensi yang tertulis hanya pilihan. apa mau pilih 134-176 atau 350-390 atau 400-480.
    BUKAN satu HT bisa semua range frekwensi tsb.
    Tapi satu HT hanya bisa satu range diantara pilihan, seri HT dan fisik sama.
    Mungkin itu trik dagang biar ada yg tertarik, atau pabriknya malas buat box yg berbeda… saya gak tahu.
    Atau bisa niru motorola, misal GP2000.
    Seri itu ada yang VHF saja atau UHF saja. Serinya sama, tp gak ada yang dualband VHF+UHF.

  115. Lam kenal mbah, anu mbah soal cb aries saya dan superstar 2200 yang udah lama nggak dicolek, apa mbah punya alamat dokter yang bisa nyembuhin kerusakannya, sekitar DIY ya mbah. matur nuwun mbah.

  116. coba dibawa ke Xray, perempatan patang puluhan ke barat kira-kira 300 meter. Selatan jalan, ada masjid.
    Dari timur masjid lihat keselatan.
    Atau mingkin pak lukas bisa juga betulis, di jalan paris

  117. Mbah,saya mau nyari UT 86 Tone Squelch Unit untuk Icom V68,dimana saya bisa mendapatkannya? Yg bekas atau baru gak apa apa.tanks.

  118. HT china diantara yg disebutkan itu yg bagus weirwei.
    Saya pernah pakai jatuh disungai kerendam air 15 menit gak apa2. TX / RX bagus juga loh.
    Tp kalau rusak mungkin susah baikinya

  119. Mat malem mbah Paijo……

    Mohon info gimana cara menghapus frekw yg telah kita memorikan untuk ht icom V8 dan yaesu vx3R
    baru bisa nyimpan tak mbah, blm tahu caranya menghapus
    matur nuwun mbah,salam dari cucu di dumai

  120. @Om haryadi: kelemahan DJ-180 kalau sdh troble, dipakai Hi-Power audio yang dipancarkan sering gemrodok. Banyak kasus yang demikian. kalau low power akan normal audionya. Kalau bagus tdknya relatif.

    @Om martadi: VX3R memorinya gak bisa dihapus, harus ditimpa. Kalau V8 saya blm tahu om, dulu hanya pegang sebentar aja..

  121. yth mbah paijo:
    mbah saya baru saja coba program eqso, tp saya tdk punya rig. yang saya tanyakan kenapa setiap saya transmit suaranya koq lambat d terima.. mhn penjelasan. matur nuwun… sukses selalu

  122. kemungkinan besar itu dari koneksi internetnya om.
    Apalagi jika sampean pakai VPN / server luar negeri, maka akan ada delay yang cukup lama.
    Sebenarnya eQSO bisa dijalankan cukup dengan kecepatan 30 kbps, tapi yang stabil dan memakai server dalam negeri, spt speedy, telkomsel, IM2, dll

  123. mbah pai, mohon pencerahan..HT Olinca TH888A bisa diset brapa chanel ya..?!
    kok cm ada 16 chanel saja yg muncul, chanel 17-dst kemana..?! kalo dispek.nya ada 99 chanel (dimanual book)
    matur tengkyu sebelumnya mbah pai (maklum masi o’on dlm dunia rakom..hehe)

  124. itu berarti chanel 17 dst blm diisi frekwensinya.
    Coba masuk ke mode frekwensi dulu. Pilih frekwensi, lalu simpan di memory nmr 17 dst…
    Nanti baru pindah ke mode chanel lagi.

  125. salam mualaykum,

    Mbah saya baru beli VX-6R, tapi koq aku nggakk bisa nyimpen di memorynya bisa diajarkan langkah2nya, aku baca manual bulak balik koq tambah mumet…..antena untuk tipe ini yang paling mantep apa ya dan belinya dimana?

    wss

  126. – masukan frekwensi
    – tekan tombol F/W agak lama
    Dah tersimpan
    Untuk kemode memory tekan V/M
    Antena RH775 bagus di UHF
    Antena SR72 bagus di VHF
    Walau dua-duanya antena dualband, tp gak bisa bagus di semua band

  127. tolong mas beri petunjuk untuk menentukan selisih frekuensi simplek/duplek pada weierwei ts 3288s caranya bagaimana?
    terima kasih sebelumnya
    enjang
    tasikmalaya

  128. mahsudnya menentukan selisih simplex / duplex gmn ya?
    Soalnya repeter duplexnya sih tergantung yang nyeting, selisihnya bisa dimana saja.
    Cuma ORARI aja yang selisihnya 600 Khz utk VHF dan 4MHz utk UHF.
    Lainya pada menetukan sendiri2 tergantung yg punya repeter

  129. terima kasih mbah paijo atas dibukanya media komunikasi ini….
    saya mau menanyakan….ada info dari teman apabila HT yaesu VX8R diberi tambahan conector untuk antene yang bukan ulir, dapat mengakibatkan kerusakan crystal pada HT tersebut, benarkah info tersebut?….yang kedua saya mempunyai antena luar dengan tinggi 12 m dan kabel memakai RG8, apabila saya ingin menambah tinggi antena tetapi tidak mengganti kabel secara utuh melainkan dengan cara menyambung kabel dengan konektor, apakah loss power nya sangat besar dengan cara seperti itu…soalnya pertimbangan masalah biaya mbah…hehehe…saya memakai RIG icom ic-2200 dengan power 65w, apabila memang terjadi loss power, berapa persenkah loss power tersebut? maturnuwun…..

  130. @Om wawan.
    Pertama: info tersebut salah. Saya kadang mengudara menggunakan HT yaesu. Saya kasih konektor (penyambung) antena ulir ke yg bukan (BNC). Trs saya sambungkan ke antena atas atau antena HT lain spt RH775 BNC.
    Gak masalah kok, yang penting antena matching sama frekwensinya. Konektor yaesu VX1 – VX8 kayaknya sama.
    Yg agak gawat adalah motorola spt GP2000. jika dikasih konektor dan antena luar, krn yg nyambung ke konektor cuma iner/positifnya aja. Jd hrs dimodif groundnya disambung manual.
    Kedua: Makin panjang kabel loss makin besar. Apalagi ada konektor ditengah2 kabel (sambungan).
    Loss power tergantung jenis dan merek kabelnya. Sama2 RG8 tp beda merek lossinya beda.

  131. makasih yaa mbah atas jawabannya….
    oo iya mbah… jadi mbah tidak merecommeded apabila menggunakan sambungan, soal saya hanya mau nambah sekitar 8 meter….gimana menurut mbah?…..hehehe maklum biar irit

    1. Kalau bisa kabel antena jangan disambung.
      Jikapun terpaksa disambung usahakan konektornya yang bagus spt amphenol. Dan sambunganya hrs benar-benar tdk beleh kemasukan air

  132. Mbah sy pnya Olinca TH 888A, tp bwt pengoperasian lom familier. Kl mbh pnya softcopy manual book nya blh donk bagi2. kl ada tlg kirim ke email saya.
    Matur nuwun Sakderenge.
    8-1-3
    8-1-1
    Solo Bandung

  133. Halo mbah..mo nanya nich. Apa penyebabnya psawat HT daya pancarnya berkurang (harusnya 5,5W diukur hanya 4W). Pemakaian yg gimana biasanya menyebabkan hal spt diatas?Matur sembah nuwun Mbah

    1. Penyebabnya banyak.
      Jika HT tsb masih normal IC finalnya (msh baru), kemungkinan adalah antena yg gak matching.
      Bisa juga power suply yang kurang teganganya. Coba baca specnya, disitu radionya minta berapa V / A.

      Kalau radionbya sdh lama, itu karena IC Final sdh short.
      Banyak peyebab short. Bisa krn antena gak match dengan frekwensi krj, atau tegangan yang berlebihan.
      Sebagian besar radio problemnya adalah IC Final yg short, dan lama-lama tdk bisa mancar

  134. Malam Mbah Paijo Telomoyo
    mbah saya new bie pake V68 … untuk meningkatkan kinerja pesawat, antena superstick apa ya yang bagus (typenya) ?
    suwun mbah paijo

    1. Superstik ya… Waduh mereknya saya kurang hapal.
      Coba cari yang bonggolnya besar. Itu lebih bagus. Juga yang panjang.
      Makin panjang antena main magus (asala matching)

  135. Lalu gmn caranya kita tahu kalo antena pd HT kita itu udah match atau belum? sdgkan di luaran byk di jual antena yg bervariasi. Kalo pake antena bawaannya apakah dijamin sdh match utk semua frekuensi? ( HT VHF berarti match utk semua frek.VHF)? Matur nuwun mbah. Maaf ngrepotin

    1. @Beben: waduh ini pertanyaan sulit.
      Daya pancar antena sangat dipengarugi oleh jenis antena yang dipakai, topografi wilayah, nilai SWR, ketinggian antena.
      Sampean pakai antena apa, tinggi brp meter, medannya gmn.
      Kalau saya pakai G7 ketinggian 5 meter, swr 1:1,3 power 50W bisa 150KM. Tp sekali lagi, sangat relatif krn banyak faktor.

  136. salam kenal mba…aku punya yaesu vx-6r trus rencana mau beli comet701, tolong komentarnya mba ?
    aku jg lg nyari vx-8r yg second, ada info ga mba ?
    trims, wassalam

  137. mbah saya mo tanya….
    HT apa yg bisa dengerin frekuensi polisi….soalnya saya kan sering mobile, dan butuh info yg cepat kalo ada jalan macet gitu… kalo dr radio kelamaan…
    kalo bisa yg murah saja.. kalo harga ok, ntr pesen deh… oh ya selain bisa buat dengerin frek polisi, juga buat komunikasi deh. thanks ya mbah

    1. Polisi di kota mana dulu.
      Kalau jakarta, surabaya sdh di frekwensi 850 Mhz. Walau msh ada juga di UHF.
      Kalau kota2 lain biasanya masih UHF.
      HT Dualband baru yang murah bisa wouxun atau DJ-596. Tapi hanya VHF-UHF saja, tdk bisa 850 Mhz

  138. Mas saya pakai IC 2200H mau takpasang SWR DIAMOND, yg cocok yg SX 200 atawa SX 400.apakah SWR hrs sll terpasang ketika TX/RX matur nuwun

    1. @Om Beny: SX-200 atau SX400 sama aja. Krm dua-duanya mencakup VHF.
      SWR dipasang sekali saja cukup. Krn kabel antena banyak konektor akan menambah daya loss.
      Tp sering2 saja antena di cek pakai swr.
      kalau butuh SX200 saya ada, baru 2 bulan. Kunjungi http://shop.telomoyo.com

  139. Mohon pencerahannya dari Mbah Paijo ato teman2 yg lain. Apakah antena bawaan HT dari pabrik sdh bisa DIPASTIKAN aman (match) utk semua range frek. yg ada di specnya? Matur nuwun.

    1. @Om Banyu: antena bawaan pabrik rata2 match di 144 – 148.
      Karena HT dari pabriknya memang di stel di frekwensi itu sesuai aturan internasional.
      Tapi di indonesia hampir semua sdh dibuka frekwensinya sama dealer, kalau gak dibuka gak laku.

  140. Mbah cakep bener postingnya,mbah apa bisa komunikasi via eQSO perangkat yang dipergunakan HT V68,tolong beri petunjuk lewat email

  141. @Om munif: eQSO tdk menggunakan radio bisa juga.
    cukup download softwarenya dan atur parameternya. sdh saya ulas dibagian lain di blog ini.

    @Ferdinand: pakai diamond asli saja. Bagus di 850 Mhz. harganya 250rb an. typenya bisa RH-701, RH-775, dll

  142. Mohon referensi toko di jakarta yg jual-beli HT, RIG n asesoris, sekalian situs toko On-Line, tq

    1. Toko radio di jakarta antara lain mirusa di daerah guntur, versakom di mall ambasador dan banyak di glodok.
      yang online coba di googling aja, tp kebanyakan barang kosong dan harga sangat tinggi.

    1. Ya itu toko mirusa di daerah guntur. Dan toko versakom di daerah mall ambasador. Kalau di glodok saya kurang apal.
      Nmr telepon mirusa 021-8291900

  143. gimana to mau meng instal itu softwer kok susah saya pakai windows 7 ??? tolong jelaskan dong om paijo yang ganteng dewe,sukron

    1. @Om deden: Windows 7 atau vista emang blm kompatible.
      Ini didesain untuk XP.
      Banyak software yg belum kompatible pakai 7, makanya saya kurang suka win 7 / win vista

  144. Mbah mo nanya lg nich, kalo pakai antenna BRC SR_72 ( uthil2) matchnya di frekuensi berapa ya? Matur nuwun

  145. Gimana ya mbah cara mengetahui antena HT yg kita beli itu asli atau palsu? apa ada ciri2 khusus, gitu. Matur nuwun

  146. @Banyubening: Saya kurang tahu matchnya dimana. Tp dari spec pabrik dia ditulis 144 -148 dan 430-440.

    @Gatholoco: Secara jelas agak sulit membedakan.
    Tp coba perhatikan tulisan mereknya rapi atau tdk. Bungkusnya juga.
    Kalau harga jelas beda jauh

  147. Kulo nuwun mbah badhe nyuwun pirsa, menawi kulo badhe memancar ing frek.148-150 ingkang sae tur nggih cocok ngagem antena menopo nggih? ( Sak watawis wekdal kulo ngagem SR-72). Matur nuwun

  148. @Om jaka: Waduh saya kurang copy om
    @Om Wong sugih: Pakai SR72 sdh cukup bagus. SR72 cenderung ke VHF nya.
    Kalau perlu beli antena superstik yang VHF saja

  149. mbah Paijo yg caem sy mo nanya weierwei 338/VHF bisa di modif UHF g’ ya mbah tks berat…

    1. @Om ery: Gak bisa om. Karena komponen dalemanya sdh paten di VHF, spt kristal, fenel, dll.
      Kalau mau merubah mungkin biayanya sama dengan beli HT UHF baru.

  150. Maaf mbah mo nanya lg gitu, apabila kita pas ngecharge HT apa harus sampai penuh atau bisa kita hentikan sewaktu2? Lalu bgm bila pas ngecharge listrik mati? apakah bisa mempengaruhi keawetan dan performa batere? ( Saya pake battere Lithium) Matur nuwun mbah.

    1. @banyubening: kalau lithium bisa kita cas sewaktu2. Tapi sebaiknya sampai penuh baru dicabut. Krn batre punya life cycle sendiri. Dia akan melemah setelah sekian kali pengisian.
      Lithium jangan sampai habis total hrs diisi.
      Kalau NiCD / NiMH hrs habis total baru diisi. Cara untuk menghabiskanya dengan dikasih beban lampu. Untuk DJ-175 / DJ-V17 sdh ada menu pengosongan batre otomatis.

  151. mbah paijo mau tanya… yang cocok frekuensi di daerah kramat jati menggunakan antena apa yah…. saya menggunakan HT YAESU VX150… thanks before

    1. Coba pakai diamond F-23 om. Harga sekitar 650rb.
      Kalau yang agak murah pakai jenis telex. harga 100-200rb.
      Asal di match dengan benar, hasilnya pasti bagus.

  152. Mbah buat pemula untuk RIG yg baik productnya apa yah…..dan kisaran harganya berapa……rencana mau dipasang di VW kombi untuk keperluan istri

  153. Coba pakai IC-2200H om. Harga baru sekitar 1,5jt.
    Antena pakai SG7000 yang bukan ori sekitar 250rb.
    Mudah pengoperasian untuk IC-2200H ini. Dan power ada 4 level bisa disesuaikan biar aki gak tekor.

  154. Terima kasih Mbah atas infonya….trus dari semua merek yg ada produk yg bandel dan kuat kira-kira apa yah….tadi siang saya sdh survey harga ditoko tetapi ada kawan yg menawarkan RIG merek YAESU…..apakah produk tersebut berkualitas…terimakasih sekali lagi…maaf banyak tanya maklum pemula

    1. Om Indra, merek yaesu, icom, alinco, kenwood adalah merek / produk yang berkualitas.
      Tinggal kita pilih saja produk yang ada disesuaikan kantong kita.

    1. Om Indra, saya sdh jawab pertanyaan sama dg pertanyaan om joe. Berikut kutipanya:
      Radio ini menurut saya ada kelebihan sendiri-sendiri.
      IC-2200H bisa nangkep airband (pesawat terbang), power 65W. Bentuknya lebih bagus.
      FT2900 power lebih besar 80Watt. tahan panas.
      Sekarang tinggal selera saja.
      Saya pernah pakai IC-2200 trouble. Mungkin kebetulan saya dpt radio yg kurang bagus. Tp pakai 2200 lagi beberapa kali gak ada masalah.
      Saya pribadi pilih ic-2200 krn bisa monitor pesawat terbang yang diatas surabaya sekalipun.
      Makasih om Indra sdh berkunjung ke web saya…

    1. Om Bambang, satu-satunya jalan utk isi frekwensi adalah dengan kabel data dan komputer.
      Sdh banyak kok jasa pengisian frekwensi. Atau bisa beli kabel data yang harganya sekitar $30

  155. Secara pribadi saya ucapkan rasa terimakasih, atas pengetahuan yg telah saya dapatkan tentang perangkat radio komunikasi dan selukbeluknya. Jika berkenan, mbah juga memberikan review perangkat radio (ht maupun rig)sekaligus memberikan rekomended (-/+) sebuah tipe produk. Karena hal tersbut akan lebih membantu teman-teman yg lain. terimakasih sekali lagi.

    1. Selamat malam om andre…
      Terimakasih masukanya om. Saya berusaha semampu saya memberikan info radio. Tapi saya tegaskan ini berdasarkan pengalaman saya pribadi, jadi bukan secara profesional loh.
      Dan saya hanya bisa memberikan review jika saya sdh pernah memakai radio tsb. Krn jika blm pernah pakai, saya gak tahu heheheh.
      Untuk radio2 umum spt IC-V68, 2N, dll walau saya sering punya tp tdk saya review. Krn radio ini sdh hampir semua orang tahu.
      Saya juga akir2 ini jarang posting krn ada suatu hal off line.
      Terimakasih om andre…

  156. salam knal mbah mo nanya mana yg bagus u/dmobil icom ic2200, yaesu ft2900, dan kenwood 471…antena yg cocok apa?…thanks

    1. Halo Om joe…
      Radio ini menurut saya ada kelebihan sendiri-sendiri.
      IC-2200H bisa nangkep airband (pesawat terbang), power 65W. Bentuknya lebih bagus.
      FT2900 power lebih besar 80Watt. tahan panas.
      Sekarang tinggal selera saja.
      Saya pernah pakai IC-2200 trouble. Mungkin kebetulan saya dpt radio yg kurang bagus. Tp pakai 2200 lagi beberapa kali gak ada masalah.
      Saya pribadi pilih ic-2200 krn bisa monitor pesawat terbang yang diatas surabaya sekalipun.

  157. mbh.. mau tanya antena model fleksibel(lidi/pecut) yg bagus merkapa n type brapa d pakai buat ht alinco dj196?? sya sdah menggunakan brc 72 tpi krang memuaskan hsilnya.. trim

  158. mbah… mau nanya klo alinco DJ V5 tu bisa buat tx di frekwensi penerbangan ga ya? punya sy klo sy pencet PTT kok kluar di displey OFF ? sy tunggu penjelasannya mbah, matur tahnk you…

    1. Om Heri, selama ini HT yang bisa RX air band gak bisa TX di airband. Jikapun bisa spt VX1R – VX7R itu TX nya hanya mode FM saja. Sedang airband pakai mode AM.
      Kalau RX VX1-VX7 atau DJ-V5 bisa mode AM.
      DJ-V5 tdk bisa TX di 118-136 spt yaesu.

  159. Mas saya mau tanya lagi…..pesawat radio yg kita miliki sekarang apa perlu dimatchingkan dg antenanya ….dan kalau boleh minta saran cara ngemachingkannya bagaimana ya____Giliran kepingin punya bingung cari modelnya….dan sekarang giliran sudah punya sampai 3 unit (FT-2900R, IC-2200H dan IC-T70A)….mohon sarannya ya mbah

    1. @Om indra: antena di matching hukumnya wajib om. Jika tidak radio bisa rusak.
      Cara matchingkanya ya dengan alat SWR atau antena analizer. Batang antena dinaikan turun sampai didapatkan nilai swr bagus.
      Jika malas matching antena, pakai antena tunner.
      Hiks radionya dihibahkan ke gombong saja om

  160. mas klu di daerah cekungan kayak di bumiayu-brebes itu enaknya pake ANTENA apa biar bisa clear msk ke tegal,slawi atau cilacap klu ke timur jelas ketutup sm gunung slamet.trims

  161. bos maui nambahin freq rpu bos dimasukin yah Repeater BRC 149.900 duplek+ 8020 tone 88.5 input 157.920 bebas untuk umum Bandung rescue community ( masyarakat Tanggap Bencana ) kota bandung, Cianjur , Garut Cileunyi Nagreg dll

  162. Mas …mau tanya lagi nih….bagaimana caranya membaca skala di SWR alias baik atau buruknya…..mohon pencerahannya…….oh sampean tuh ada digombong toh….saya setiap mudik pasti melewati daerah itu…lagian ada juga famili di daerah tsb (banyu mudal dekat terowongan ijo dan dekat jatijajar)

  163. @Om indra.
    SWR yang cross nedle atau 2 jarum. Ini gak perlu kalibrasi. langsung aja colok ke radio.
    Akan terbaca power di jarum yang menunjuk ke kiri, reflected power pada jarum yg menunjuk ke kanan, dan nilai swr pada persilangan kedua jarum tsb.

    Pada swr yg pakai satu jarum spt diamong sx400, posisikan switch swr pada CALL.
    Tekan PTT, putar knop sampai jarum menunjukan CAL pada layar. Lepas PTT, pindah switch ke posisi SWR. Tekan PTT maka akan terbaca nikai SWR.
    Jika switch kanan dipindah ke REF maka akan terbaca reflected power.
    Usahakan pakai HI-POwer. Krn jika pakai Hi-power SWR sdh match, maka dengan low power akan match juga.
    Jika pakai low power ngematchnya, di hi power blm tentu match

  164. Mas, ts430s yang saya pake menaglami kesulitan untuk melinerkan suara pada USB, katamya kristal 30.000 mHz rusak . dimana bisa didapatkankan

  165. mBah, menawi kulo pingin gadah CallSign carane pripun, sakniki kulo ten cilacap. perangkatipun kenwood TH22-AT, BRC Antenna CR-88VU.

    1. Mau ikut RAPI atau ORARI?
      Kalau ORARI ada ujian, kebetukan kemarin ujian ada di purwokerto. Ujian setahun 1 – 2 kali saja.
      Periode berikutnya di blora kalau gak salah.
      Untuk RAPI atau ORARI pendaftaran harus melalui lokal setempat. Silahkan hubungi sekertariat lokal. Sarat cuma foto, skck, ktp aja.
      Juga administrasi, RAPI sekitar 380-400rb untuk 5 tahun.
      ORARI hampir sama.

  166. mbah paijo kmrn saya sempat pesen freq counter kok blm ada kabar-nya yahh… Kalo udh ada bisa tolong e-mail ke saya yahhh…Thanks…

  167. MBAH…meh nganjutin nanya…(biar lebih irit pulsa) saya awam soal HT, tapi berhubung habis beli saya pengen faham soal HT. mau nambah memori tapi keypad di pencet2 gak muncul angka. bingung mbah….tolong klo ingat waktu ngotak-atik wouxun KG-UVD1P. MATUR NUWUN

    1. @Om Joko
      Siap Ndan….
      Segera saya carikan dan infokan jika sdh dapat infonya.
      Btw, saya ada juga loh nmr XL.
      Frekwensi pindah ya Ndan, sayang msh di VHF. Kawatirnya spt yg sudah2, pas lebaran sering di jam, sampai BARA sibuk berkeliaran…

  168. Halo mbah, mo nanya nich aku tinggal di Jogja pake HT VHF pengin frek.yg khusus utk memantau lalu lintas Jogja di frekuensi brp ya? Bisakah utk memonitor frek.polisi Jogja? kalo ada di frek. brp ya? matur nuwun

    1. Halo juga Om jadul…
      HT VHF tdk bisa memantau polisi dan lalulintas di jogja.
      Jogja sdh menggunakan UHF dan 850 Mhz untuk polisinya.
      Upgrade aja ke yang multiband om…

  169. Mbah mau tanya antena yang bagus buat icom v 8 apa ya?
    yang rh755/sr72/superstik? matur nuwun infonya…

  170. Mbah minta bantuan info nih, saya punya yaesu FT1802, saya pasang di mobil dengan konektor kabel langsung ke aki, sudah setahun pake, akhir-akhir ini rakom bermasalah, setiap kali tombol ptt saya pencet untuk transmit rakom mendadak mati sendiri dan nyala lagi, begitu seterusnya, tapi kadang berfungsi normal lagi sebentar. Dimana letak permasalahan dan jalan keluarnya mas? terimkasih. Salam triyanto di JKT.

    1. @OM TRi: Apa sdh dicek aki mobil dalam keadaan normal om?
      Biasanya kalau dipencet PTT radio mati power suply / aki gak kuat. Coba dengan posisi low power.
      Kalau msh terjadi juga coba cek dioda power di radio. Apa masih bagus atau tdk.
      Utk di mobil sebaiknya bagusnya dikasih regulator. Krn kalau langsung ke aki kan ada arus input dari dinamo utk ngisi aki yg teganganya kadang tinggi kadang rendah, volatse lebih tinggi dari aki.
      Atau bisa ambil dari tape mobil juga bisa.

  171. mbah salam kenal aku punya rig kenwood tm 271a kl antena yg cocok opo yo aku pakai hygen…aku dikarawang asli cah purworejo (jz 10 dhp ) matur nuwun….

  172. pakai V2R sdh bagus (200rb)
    kalau mau yg kelas menengah pakai diamond F23H (1,2jt) atau G7 homebrew (400rb) yg ori 2,4jt.
    salam kenal juga mas heru…

  173. mbah bade ngangsu kawruh,saya ada HT Alinco DJ 180 lawas,bisa di duplek ngak mbah,pengen bisa ikut repeateran je,suwun sebelumnya,

    1. @Om brata: yg asembling biasanya dirakit sendiri sama importirnya. Dan gak ada garansi yg panjang (biasanya satu bulan). Beda dengan yg lewat jalur resmi, garansi rata-rata dua tahun.
      saya blm pernah pegang yg asembling ini, apa ini semua komponen lengkap spt versi resminya atau tdk.
      Kalau dilihat harga seh lumayan jauh selisihnya om.

  174. Mbah Paijo…., Photonya ganti lah yang baru. yang itu kayak mau manjat aja. hehehe….

  175. mbah paijo slamat menunaikan ibadah puasa….aku punya tm 271a kl ditambah boster mantap ngak….regane boster piro yo…matur nuwun….

    1. @Om Heru: selamat menunaikan ibadah puasa juga om.
      Ditambah boster ya makin mantap.
      harga boster yg diatas 100W 2jt – 300jt
      kalau dikasih boster dibawah 100W percuma krn 271 sdh 70W.
      jangan lupa perhitungkan kekuatan loading antena

  176. mbaaaahhhhhh….
    mo nanya…
    menurt penglmn mbah paijo antena luar yg paling bagus menggunkn antena jenis apa mbah?

    1. @Om pepen: sesuai hukum ekonomi om, yang palin mahal itu paling bagus (walau tdk selalu demikian).
      Bisa pakai antena yagi merek diamond. Yang bagus harga sekitar 5 jutaan.
      Kalau yang omni bisa pakai diamond X700, harga 2,7jt. Atau hustler G7 harga sekitar 2,2 juta.

  177. selamat pagi mbah!
    sy baru memiliki pesawat weierwei v8
    kemarin sy iseng2pencat pencet ech,,,frekuensi autput aslinya berubah sy coba2pake ternyata memang gak bisa pake ptu hanya direx na aja mau stel ulang gak bisa!mohon solusinya mbah!
    thanks

    1. Selamat pagi om aadhe, yang jelas harus tahu frekwensi input / outpu RPU dulu.
      untuk detail setinganya coba saya buka-bulka buku lagi. Lupa neh….

  178. salam mbah Paijo,,, jadi kangen pingin maen ke Telomoyo liat foto jenengan,,,, gimana jalan naeknya masih bagus yaa,,,

  179. lho sekarang tinggal di mana mbah Paijo… kalu saya sekarang di Demak, pingin rasanya naek ke Telomoyo lagi tapi menurut info rekan jalannya rusak.

  180. piye kabare kang…aku cah elektro lulusan akprind 2002,,mulo aku tau weruh sampeyan.gawean okeh banget….ning do UMR kang…..hahaha…..

  181. mbah saya baru beli vx 7r..gimana caranya ngesave memory and kasih namanya yah,,,ane bingung mbah..coba kagak bisa2x..mohon ilmunya mbah…

  182. mbah mohon penjelasanya, apa bs ht yang dimodifikasi digunakan untuk menangkap gelombang suara di suatu rumah

  183. mbah numpang tanya kl ic 2200 H second minus dus and manual book brp maharnya ????????????????????
    kondisi msh sip,
    L 4 ,,, ML 8 ,,, MID 24,,, H 65
    sy beli tgl 11-11-2011

    kl ft 2900 baru brp and second brp ???????????
    mhn bls via hp,,,,,,,,,,,, ni no hp sy 081251359648
    matursembahnuwun mbah by Dedy from Banjarmasin

  184. pc saya menggunakan OS linux ubuntu 12.04 saya kesulitan untuk menginstal pc client e1025 rapi.mohon info dari anda ..agar saya bisa ngebrik menggunakan pc yang os nya linux ubuntu itu..terima kasih..

  185. mbah, …. pernah sekolah di yogya tho? ya wis.. sya pake ht weirwe utk komunitas kamtimbas tk kec kotagede tanpa rig induk mampu gak perangkatnya, klo masu nyusuh di frek tertentu bgmn carane..
    jz12arq

  186. numpang tanya om.. adakah cara agar ID pemanggil (panggilan pribadi ataupun broadcast) bisa tampil pada layar radio penerima (Ic 2200H)..seperti panggilan masuk pada Handphone2 gtu.. apakh harus di tambahkan card khusus atau ada settingan tertentu ya..
    kalau ada yang tau.. mohon pencerahannya yo..
    armando_ti03@yahoo.com

  187. oo ga’ bsa yah om.. kalau ditambahkan card khusus seperti DTMF Reader gmna tuh om… saya pernah baca ada card UT-108 dan UT-118 apakah card ini bsa difungsikan untuk keperluan menerima/mengirim ID agar bisa ditampilkan pada dysplay radio..

  188. Salam kenal pak.
    Saya mau tanya cara mengoperasikan
    Handy talkie ICOM IC-V83
    Bagaimana cari menyimpan siarannya
    Qlo bisa
    Dibalas cepat ya
    Soalnya lagi butuh sekali ϑëπƍάπ HT ini.
    Terima kasih bnyak

  189. mbah mau nanya ht saya werwei 3288s jarak komunikasi ko cuma 100 m aja,kira2 problemx d mn? dan bagus pake anten apa spy jangkauanx bgs seandainya udh normal.

  190. Ijin nambahin y Mbah…
    Cara rubah tampilan/ display motorola GP2000 dari CH ke Frekwensi.
    1. Pastikan sudah pada mode DEALER CONFIGURATION caranya : posisi radio mati/off, tekan tahan tombol MONITOR ~ PTT ~ “+” lalu nyalakan. Keluar tulisan “PROTECT-CLR” trus tekan PTT. Matikan radio.
    2. Rubah ke setingan default, caranya : tekan tahan MONITOR ~ “-“, nyalakan, keluar tulisan “INIT-OK” tekan PTT. (radio dalam kondisi seting default/ normal. matikan radio.
    3. Nah ini ni… tekan tahan MONITOR, nyalakan. keluar dering dan tulisan “RW”, selanjutnya tekan MONITOR atau PTT untuk mencari dan memilih menu. Cari menu A Short Press Function (menu untuk menentukan fungsi tombol ABCD) di layar tertulis “ASP-PWR”. Ganti “ASP PWR” menjadi “ASP-VFO” dengan menekan tombol + atau -. Konfirmasi tekan PTT. Matikan radio.
    4. Nyalakan radio. Pada latar masih terlihat tampilan “CH 001″…….. untuk merubahnya menjadi tampilan frekwensi… kita lanjutkan setelah pesan2 berikut ini… wk wk wk wk ………………………………………………………………………………………….. ::: tekan tombol “A” dan apa yang terjadi ?::……………………………………….Tks for Mbah Paijo sing paling ganteng.

  191. mbah…mau tanya.klo mau service ht yaesu yang bagus/rekomendasi dimana ya?

    Punyaku untuk tx dah ga’ nyampe 5w dan utk rx aga’ budeg..hehehe

    HTku yaesu vx-5r.

  192. mas saya pake ICOOM V8, saya mau ganti pake antena yang lebih pendek….ada pengaruh pada sinyal ndak?
    ada ndak antena pendek tapi sinyal kuat?
    ada rekomend??
    trims

  193. asalamualaikum mbah #paijo…, pie kabare???
    sukses selalu buat mbah #paijo

    kangen dolan bareng mbah…, hahahahay 😀

  194. MBAH PAIJO GOMBONG SEBELAH ENDI YA AKU SERING BALIK NANG KEBUMEN DAERAH MRINEN NGAREP DEPO PERTAMINA NGARAN KIYE NYONG NJALUK NOMOR TLP[ RIKAK OLEH ORA MBAH

  195. Salam kenal

    Mas mau tanya ,saya punya ic 2410h .saya mau menyambungkan perangkat. Dgn Rpu yg menggunakan tones ,frex Tx rpu 165,420 ,Rx rpu 162,900..
    Yang ingin saya tanyakan bagaimana cara seting di rig ic 2410h agar bisa nyambung dg Rpu..
    Saya coba coba sangat kesulitan..
    Mohon bantuannya mas ,bisa diemail ke widi.yanto6@gmail.com..terima kasih

  196. met kenal semua.
    Sy cari yaesu ft-707 rusak, mau di kanibal; kalau ada yg punya silakan kontak saya (08115409948).
    Sy anak gombong, tp skrg di balikpapan. hoby dx di 27.555.

  197. Selamat pagi mbah…sugeng enjang. Salam sejahtera sll buat simbah dan keluarga.
    Mau tanya alias nderek tangklet. Saya punya radio rig kenwood tm211,
    Dan radionya ada masalah : kalau saya pakai transmith kelamaan radio padam sendiri, nggak lama nyala lagi, saat menyala tdk di frequency yg saya pakai tadi, tapi kembali di frequensy A. 60000, B. 40000.
    Karna saya awam dg radio saya bingung. Saya di timika mbah, asli dari magelang. Dan saya sangat memerlukan radio itu utk menunjang kegiatan sosial warga KKJB (Kerukunan Keluarga Jawa Bersatu) di seluruh kabupaten Mimika, Papua, dalam membantu KAMTIBMAS, membantu bapak2 Polisi.
    Saya sangat menharap pencerahan masalah radio saya mbah.
    Terimakasih sblmnya mbah.
    No kontak saya 081248884383,
    By. PEKOCK timika

Tinggalkan Balasan

Silahkan Masukan jawaban pertanyaan ini, tulis dalam ANGKA saja *